Beranda Politik Pilpres 2019 Pilpres 2019, SBY Beri Sinyal Partai Demokrat Dukung Jokowi

Pilpres 2019, SBY Beri Sinyal Partai Demokrat Dukung Jokowi

111
BERBAGI
Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono memberi sambutan pada Rapimnas Partai Demokrat 10-11 Market 2018 di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat. (twitter/hincapandjaitan)
Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono memberi sambutan pada Rapimnas Partai Demokrat 10-11 Market 2018 di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat. (twitter/hincapandjaitan)

TERASLAMPUNG.COM — Meskipun tidak diungkapkan secara eksplisit, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan sinyal partai yang dipimpinnya akan memberikan dukungan kepada Joko Widodo (Jokowi) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Pertanda itu terungkap saat SBY bicara soal peluang berkoalisi dengan Joko Widodo pada acara rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3/2018).

“Jika Allah menakdirkan, sangat bisa PD berjuang bersama Bapak (Jokowi),” kata SBY di hadapan Jokowi dalam Rapimnas PD

Pada kesempatan iti SBY juga berbicara tentang  perjuangannya pada  Pilpres 2004 dan 2009. Pada dua Pilpres itu, SBY sukses.

Menurut SBY kesuksesan itu tidak lepas dari koalisi partai untuk memenangi kontestasi pemilihan presiden.

“Tentu Bapak memahami sebagaimana pengalaman saya di Pilpres 2004 dan 2009 lalu. Perjuangan bersama apa pun koalisi atau aliansi akan menang jika kerangka kebersamaannya tepat,” kata SBY.

SBY menekankan pentingnya kesamaan visi dalam menjalankan pemerintahan ke depan.

Menurut SBY, jika berkoalisi Partai Demokrat harus menjadi bagian penting pemerintah dalam membangun bangsa ke depan.

“Visi-misi platform pemerintahan untuk 2019, PD ikut jadi bagian dalam menyusun agenda dan platform ke depan,” tegas SBY.

Dalam sambutannya, SBY juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Preiden Jokowi.

Ini kedua kalinya Jokowi hadir di acara resmi Partai Demokrat. SBY menilau kehadiran Jokowi menunjukkan karakter Jokowi sebagai pemimpin semua elemen, termasuk Partai Demokrat.

“Pertama, menghadiri kongres PD 2015 di Surabaya, sekarang hadir kembali. Bapak bukan hanya kepala negara, tetapi pemimpin Indonesia, pemimpin kami semua,” ucap SBY, disambut tepuk tangan para peserta Rapimnas.

“Wajib hukumnya PD memberikan penghormatan yang tinggi kepada pemimpinnya. Itulah etika politik yang PD pahami dan jalankan,” SBY menambahkan.

Jauh sebelum Jokowi hadir pada acara tersebut, SBY memang sudah memberikan arahan kepada semua peserta Rapimnas — melalui petinggi Partai Demokrat Hinca Panjaitan– agar semua peserta Rapimnas memberikan penghormatan kepada Presiden Jokowi.

Sesaat sebelum rapimnas dibuka, lewat pengeras suara Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan berusaha mengatur dan mengingatkan para kader untuk tertib memasuki gedung.

Hinca mengaku mendapat pesan dari Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono agar seluruh kader  tertib dan menghormati kedatangan Presiden Joko Widodo yang akan membuka rakernas.

“Ketua Umum menginstruksikan tertib dan tidak ada yang berteriak-teriak dan kita hormati Pak Jokowi dan rombongan yang nanti hadir dan bertepuk tanganlah yang meriah tanpa ada teriakan,” ujar Hinca.