Pilpres: Komnas HAM Pantau Wilayah Rawan Pelanggaran

  • Bagikan

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com- Komnas HAM turut memantau proses pemilihan presiden di Lampung, teruama di sejumlah wilayah yang diprediksi rentan pelanggaran dan mengancam hilangnya hak konstitusi.

Ketua Komnas HAM, S.N. Laila, mengatakan pada Selasa (8/7/2014) pihaknya sudah mulai turun ke sejumlah tempat yang rawan pelanggaran. Menurut Laila,  yang menjadi objek pemantauan Komnas HAM untuk di Lampung adalah rumah sakit, lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan, penyandang disabilitas, masyarakat yang berada di lokasi konflik agraria, masyarakat minoritas, masyarakat adat, buruh di perkebunan.

“Hari ini saya turun ke Tulang Bawang ada 4000-an buruh di PT Silva Inhutani Lampung (SIL) dan 3000-an buruh di PT Silva di Mesuji yang akan kami pantau bagaimana Daftar Pemilih Khusus (DPK) itu dapat menyalurkan hak konstitusinya,” ujar dia.

Pada pemantauan kali ini, Komnas HAM membuka akses terhadap keterlibatan masyarakat untuk memantau pelaksanaan pilpres.

“Pengalaman kami pada Pileg April kemarin, di Kota Bandarlampung hampir semua rumah sakit swasta tidak mengakomodasi hak pasien. Makanya, Bandarlampung termasuk wilayah yang dipantau, selain Kabupaten Mesuji, Lampung Timur, Tulangbawang, dan Lampung Tengah,” katanya Laila. (Siti Qodratin)

  • Bagikan