Pilwabup Lampung Utara, Bola Panas Kini Berpindah ke Parpol Pengusung

  • Bagikan
Kantor DPRD Lampung Utara
Kantor DPRD Lampung Utara

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Bupati Budi Utomo akhirnya ‎mengirimkan surat pemberitahuan tentang pengesahan Peraturan Tata Tertib Pemilihan Wakil Bupati Lampung Utara pada keempat partai pengusungnya. Dengan demikian, ‘bola panas’ seputar wakil bupati tersebut kini resmi berpindah ke partai politik pengusung.

“Surat pak bupati yang ditujukan pada partai politik pengusung sudah dikirimkan pada Senin kemarin,” terang Kepala Bidang Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Surya Ardianto, Selasa (12/10/2021).

Surya mengatakan, ‎surat yang dikirimkan itu berisikan pemberitahuan tentang telah disahkannya Peraturan Tata Tertib Wakil Bupati Lampung Utara sisa masa jabatan 2019 – 2024. Pengiriman surat ini dilakukan setelah Bupati Budi Utomo menerima surat dari pihak legislatif pada akhir pekan lalu.

Surat yang ditandatangani oleh Ketua DPRD Lampung Utara, Romli dengan nomor 170 / 286 / 12-LU / 2021 itu berisikan hal serupa dengan surat yang mereka kirimkan ke partai politik pengusung. Dasar surat tersebut adalah Peraturan DPRD Lampung Utara nomor 1 tahun 2021 tentang Perubahan Tata Tertib DPRD dan hasil rapat paripurna tanggal 22 September tentang Tata Tertib Pilwabup Lampung Utara.

“Selain memberitahukan mengenai pengesahan dan pembentukan panitia Pilwabup, surat itu juga berisikan keinginan pak bupati supaya partai politik pengusung dapat menindaklanjutinya sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata dia.

Di lain sisi, Ketua P‎residium koalisi partai politik pengusung Bupati Budi Utomo, Farouk Danial membenarkan telah menerima surat tersebut dari Bupati Budi Utomo. Menindaklanjuti hal tersebut, partai politik pengusung akan segera mengadakan pertemuan.

“Tujuannya supaya kesepakatan dua nama calon wakil bupati dapat segera tercapai,” jelasnya.

Meski begitu, Farouk mengatakan, penggodokan dua nama calon itu akan tetap memperhatikan sinyal – sinyal dari Bupati Budi Utomo sebelum kesepakatan itu disampaikan ke masing – masing DPP partai politik pengusung.‎ Tak lupa juga menekankan mengenai pentingnya menjalin komunikasi dengan mantan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara agar etika politik tetap terjaga.

“Sopan santun, etika, tata krama, atau fatsun politik harus tetap dijaga. Koalisi Abdi ini kan koalisi Agung – Budi. Agungnya harus diajak ngomong juga dong,” kata dia.

  • Bagikan