Beranda Politik Pilwakot Metro, Ini 6M Program Andalan Andi Surya

Pilwakot Metro, Ini 6M Program Andalan Andi Surya

487
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Bakal Calon Walikota Metro Andi Surya akan melakukan perubahan secara gradual melalui program 6M. Yaitu Metro City Hub (MC-Hub), Metro City Edupark (M-CEP), Metro One Family One Sarjana (M-OFOS), Metro Creative City (M-CC), Metro Healthcare City (M-HC), Metro Cinema City (M-Cici).

“Saya ingin melakukan perubahan Kota Metro secara gradual. Sebab, warga Metro sesungguhnya membutuhkan perubahan itu,” kata Andi usai menyampaikan visi misi di DPD Partai Golkar, Kamis (23/1/2020).

Dia mengatakan program 6 M merupakan arah pembangunan jangka pendek dan menengah, terutama pada aspek Metro Hub City. Program tersebut akan menjadikan Metro sebagai kota sentral yang menghubungkan berbagai kota dan kabupaten, serta aviation city Bandara Radin Inten II dan Bandarlampung.

“Program Metro Hub City ada dua bagian, yaitu memperkuat peran terminal dengan moda transportasi darat yang efisien dalam kota dan antarkota, serta membangun jalur lingkar Metro yang terhubung dengan tol. Ini akan memperlancar Metro sebagai hub cityyang melayani berbagai kota dan kabupaten. Dampaknya adalah multipier. Ekonomi akan tumbuh pusat-pusat bisnis baru, baik jasa maupun barang di lingkar Metro,” ujarnya.

Kemudian, program Metro City Edupark, Metro One Family One Sarjana, dan Metro Healthcare City. Ketiga program tersebut berbasis pendidikan dan kesehatan. Sehingga, menjadikan Metro sebagai kota wisata pendidikan dan kesehatan. Salah satu sasarannya adalah menyediakan beasiswa satu keluarga satu sarjana.

“Kami akan membenahi Kota Metro sebagai taman pendidikan melalui integrasi dan perencanaan pendidikan dasar, menengah, hingga tinggi. Pada sisi lain, lembaga-lembaga layanan kesehatan ditingkatkan perannya menjadi pusat-pusat medik yang andal dan berkualitas berbasis pasien, sehingga mengundang orang datang ke Kota Metro,” jelasnya.

Program tidak kalah penting adalah membangun Metro Creative City. Program ini lebih ditujukan pada dua dimensi, yaitu pengembangan ekonomi kreatif dari pebisnis kecil, seniman dan petani yang dengan profesinya dapat menciptakan manfaat ekonomi melalui produk keratif.

“Dimensi kedua dari M-CC adalah digitalisasi dan smart city. Sebab, kaum milenial membutuhkan aspek digital dalam berbagai aktivitasnya, maka akan kami ciptakan Kota Metro yang pintar dengan berbagai sumber daya teknologi informatika yang dapat melayani segmen digital warga,” ujarnya.

Jika lima program di atas efektif dikembangkan, maka akan mendatangkan keramaian Kota Metro. Artinya, masyarakat luar Metro akan banyak berdatangan, sehingga diperlukan program Metro Cinema City. Program dimaksud merancang tempat-tempat hiburan yang mendidik bagi warga, antara lain teater cinema, tempat bermain anak, panggung-panggung pertunjukan, pusat-pusat kuliner yang berada dalam satu atap dan area.

“Kami akan mengundang investor untuk masuk dalam prgram M-Cin dengan pasar yang tak terbatas, yaitu warga kabupaten dan kota di sekeliling Metro sebagai City Hub. Insha Allah Metro akan berubah menuju kota wisata kesehatan, pendidikan, kuliner, dan hiburan yang hebat ke depan,” ujar pemilik Universitas Mitra Indonesia dan Global Surya Islamic School itu.

 

Loading...