Beranda News Pelayanan Publik Pipa Induk PDAM Way Rilau Masih Bocor, Air tak Mengalir ke Pelanggan

Pipa Induk PDAM Way Rilau Masih Bocor, Air tak Mengalir ke Pelanggan

4483
BERBAGI
Sambungan pipa induk milik PDAM Way Rilau Bandarlampung yang bocor hingga Kamis (5/12/2019) belum bisa diatasi. Akibatnya, para pelanggan pun tidak mendapatkan aliran air.
Sambungan pipa induk milik PDAM Way Rilau Bandarlampung yang bocor hingga Kamis (5/12/2019) belum bisa diatasi. Akibatnya, para pelanggan pun tidak mendapatkan aliran air.

Dandy Ibrahim | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Pemasangan pipa induk baru milik PDAM Way Rilau Bandarlampung diduga terkendala kurang profesionalnya pihak ke tiga. Akibatnya,  air pam tidak bisa mengalir lagi.

“Kami dijanjikan pada Selasa (3/12) air bisa normal. Namun, tkenyataannya ketika kami melakukan pengetesan dengan menggunakan dua mesin pada sambungan pipa masih mengalami kebocoran. Harus dibongkar lagi,” jelas Kepala Bagian (Kabag) distribusi PDAM Way Rilau, Sutriono, Rabu, 4 Desember 2019.

Menurut Sutriono, pada Selasa lalu dengan menggunakan satu mesin pompa air, pipa induk normal. Ketika diberi tekanan lebih dengan menghidupkan pompa air ke dua, masih ada kebocoran.

“Pada Selasa siang dari jam 12.00 sampai 18.00 Wib kami hidupkan satu mesin pompa air tidak ada kendala. Nah, pas pukul 18.00 kita uji dengan menghidupkan pompa air kedua, ada sambungan pipa yang masih bocor akhirnya kita harus bongkar lagi,” katanya.

Kebocoran pada pipa inti 600 mili milik PDAM Way Rilau itu kata Sutriono disebakan asesoris sambungannya ketika diberi tekanan tinggi karetnya tidak berfungsi dengan baik.

“Perkiraan kami jika tidak ada kendala yang berat jam 20.00 pengerjaan sambungan pipa bisa selesai. Ini perkiraan saja ya..sebab ada yang kita takutkan yaitu sulitnya memotong pipa yang terpasang, ini memakan waktu cukup lama,” jelasnya.

Penelusuran teraslampung.com menunjukkan: pipa induk sepanjang 48 meter itu bantuan pusat dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Sebelumnya PDAM Way Rilau mengajukan proposal pipa induk sepanjang 1,2 KM.

Pengerjaan pipa induk tersebut dilaksanakan oleh sebuah perusahaan pemenang tender, sayangnya dari sumber teraslampung.com perusahaan pemenang tender itu tidak memiliki pengalaman untuk pemasangan pipa induk.

“Perusahaan itu cuma punya pengalaman buat jalan aja,” katanya.

Loading...