Beranda News Kesehatan PKBI dan Rutgers WPF MenCare+ Ajak Warga Jadi Relawan Ayah Peduli

PKBI dan Rutgers WPF MenCare+ Ajak Warga Jadi Relawan Ayah Peduli

282
BERBAGI

Siti Qodratin dan Mas Alina Arifin/Teraslampung.com

Bandarlampung—Kepedulian seorang ayah terhadap keluarga memberikan dampak positif, seperti terwujud peningkatan kesehatan reproduksi dan seksual perempuan. Ketika ayah lebih peduli keluarga, maka kekerasan rumah tangga akan berkurang. Dampak positif lainnya, anak-anak akan tumbuh dengan lebih baik.

“Dan akhirnya, yang menjadi pemenang adalah ayah, ibu, dan anak-anaknya,” kata Koordinator Distrik Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Lampung, Anggalana, di Bandarlampung, Jumat (14/3).

Anggalana mengatakan membantu mewujudkan keluarga yang lebih baik, PKBI Lampung bekerjasama dengan Rutgers WPF MenCare+ kini mendorong peningkatan kepedulian laki-laki terhadap pasangan dan keluarganya, serta tidak malu dalam melakukan pekerjan domestik.

“Program MenCare+ ini mencakup akses informasi dan pilihan sehat berkaitan dengan Sexual and Reproductive Health and Rights (SRHR) dan Kesehatan Ibu Anak (KIA), akses laki-laki terhadap kontrasepsi, dan dukungan publik terhadap SRHR, peningkatan layanan fasilitas kesehatan, KIA, dan KDRT,” kata Anggalana.

Kegiatan Program MenCare+ antara lain pelatihan kelompok ayah, kelompok remaja, pelatihan bagi stakeholders, petugas kesehatan, kader, dan pelatihan bagi konselor.

Berkaitan hal itu, kata Angga, PKBI telah dilakukan advokasi kepada pihak eksekutif dan legislatif, roadshow ke beberapa media dan menyelenggarakan momen sepesial berupa perlombaan yang bertujuan untuk mengajak peserta laki-laki untuk lebih menghargai perempuan dengan semua kegiatan itu dilaksanakan pada tahun 2013 lalu.

“Pada 2014 ini akan ada perekrutan relawan yang baru untuk bergabung dalam Forum MenCare+ yang akan dibentuk pada tahun ini juga. Diharapkan relawan yang menyatakan bergabung dalam Program MenCare+ bersiap untuk melakukan perubahan dan menjadi agen perubahan dalam menyosialisasikan Program MenCare+ ini di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Di Provinsi Lampung, wilayah kerja Program MenCare+ ini pada dua tempat, yakni di Kota Bandarlampung dan Kabupaten Lampung Barat. Di Bandarlampung fokus di dua kecamatan, yakni Kemiling dan Kecamatan Bumiwaras.

Rachmad Cahya Aji, Koordinator Distrik PKBI Lampung, mengatakan “Mencare+ hadir sebagai salah satu solusi atas meningkatnya angka kematian ibu dan bayi. Salah satu penyebab tingginya angka kematian ibu dan bayi, kata Aji, salah satunya adalah karena kehamilan tidak diinginkan pada remaja.

“Angka kehamilan di kalangan remaja ini cukup tinggi,” kata Aji.

Menurut Aji, semua warga masyarakat bisa beperan untuk mengatasi persoalan tersebut, antara lain dengan ikut bergabung dalam Program MenCare+. “Makanya, kami mengajak siapa pun yang peduli terhadap persoalan keluarga dan generasi masa depan yang lebih baik, kami persilakan bergabung dan menyosialisasikan Program MenCare+ ini di lingkungan keluarga dan dalam masyarakat pada umumnya,”kata dia.

Loading...