Beranda Ruwa Jurai Mesuji PKK Mesuji Gelar Penyuluhan PKDRT dan Pola Asuh Anak dan Remaja

PKK Mesuji Gelar Penyuluhan PKDRT dan Pola Asuh Anak dan Remaja

88
BERBAGI

MESUJI, Teraslampung.com--PKK Kabupaten Mesuji pada hari Selasa (07/10/2014) menggelar kegiatan Penyuluhan Pencegahan Kekerasan  Dalam Rumah Tangga (PKDRT) dan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) bertempat di Aula SMP Negeri 1 Tanjung Raya.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Drs. Agus Salim, M.AP, sekaligus membuka acara mewakili Bupati Mesuji, serta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mesuji, Hj. Elviana Khamami.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh 128 peserta tersebut hadir sebagai  pembicara PKDRT adalah Putrawan Jisa Putra, SH dari BPMPD Mesuji, sedangkan pemateri PAAR oleh Kepala Badan P2KB S. Bowo Wirianto, M.Pd. dan Kabag Hukum Setda Mesuji Drs. Rozali, MH.

Agus Salim dalam sambutan bupati yang dibacakannya, mengatakan bahwa dalam pencegahan KDRT, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain pendekatan pada ajaran agama, mengembangkan komunikasi yang baik antara suami, isteri dan anak-anak, isteri wajib mendidik anak sejak kecil, serta selalu mengedepankan dialog dalam menyelesaikan masalah. “Peran serta PKK sangat diperlukan dalam pencegahan KDRT dengan penyuluhan ataupun sosialisasi kepada masyarakat,” terangnya.

Pola asuh orang tua terhadap anak merupakan bentuk interaksi antara orang tua dan anak.
“Orang tua mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga, mengajar, mendidik, serta memberikan bimbingan kepada anak untuk mengetahui, mengenal, mengerti, dan akhirnya dapat menerapkan tingkah laku yang sesuai dengan nilai dan norma yang ada dalam masyarakat,” sambungnya.
Mengutip kalimat Kahlil Gibran, Agus Salim mengibaratkan
anak seperti sebuah anak panah, anak merupakan titipan Tuhan yang harus dijaga.
“Bagaimana laju anak panah tersebut nantinya tergantung kepada busur panahnya, yaitu orang tua,” katanya.