Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Plt Bupati Lampung Selatan Hadiri Pengukuhan 69 Bidan Delima IBI

Plt Bupati Lampung Selatan Hadiri Pengukuhan 69 Bidan Delima IBI

535
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto menghadiri pengukuhan Bidan Delima Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Lampung Selatan di Gedung Olahraga Way Handak (GWH) Kalianda,  Kamis (23/1/2020).

Pengukuhan 69 Bidan Delima tersebut dilakukan oleh Ketua Pengurus Daerah IBI Provinsi Lampung, Merri Destiati, berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia Nomor 068/SKEP/PPIBI/I/2020 tentang Pengukuhan Bidan Delima Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung.

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) IBI Provinsi Lampung, Merri Destiati mengatakan, Bidan Delima merupakan sistem standarisasi kualitas pelayanan bidan praktik swasta, dengan menangani pada kegiatan pemantauan dan evaluasi serta kegiatan pembinaan serta pelatihan yang rutin dan berkelanjutan.

“Bidan Delima melambangkan pelayanan yang berkualitas di bidang kesehatan dan perencanaan keluarga yang sesuai dengan kasih sayang, santun ramah, ramah tamah, menyentuh yang manusiawi, terjangkau, tindakan kebidanan sesuai standar dan asosiasi sesuai dengan profesi,” ujar Merri.

Dia juga mengapresiasi IBI Cabang Lampung Selatan, yang telah mengukuhkan 69 orang Bidan Delima. Di mana sebelumnya, sudah ada 74 Bidan Delima yang telah dikukuhkan. Bidan Delima dari 328 bidan praktik mandiri di Lampung Selatan.

“Jadi ada 43 persen dari bidan praktik mandiri di Lampung Selatan. Layanannya, sudah terstandarisasi secara nasional dan Bidan Delima ini terbanyak di Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Bahkan ada 4 Kabupaten/Kota yang belum memiliki Bidan Delima,”katanya.

Sementara Plt Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto berharap, bidan-bidan yang telah dikukuhkan sebagai Bidan Delima, dapat bekerja sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan.

Ia juga meminta para bidan yang ada di desa, untuk dapat menerima dan menyediakan seluruh POSKESDES sebagai fasilitas pemerintah untuk kelancaran pelayanan kepada masyarakat. Sehingga bidan dapat dengan mudah menyediakan masyarakat, dan juga masyarakat pun aman mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Mari kita bangun bidang kesehatan, dan selalu mempertahankan eksistensi profesi dalam jumlah besar ibu dan bayi sebagai karya nyata membangun dan menaikkan derajat kesehatan masyarakat. Hal ini mengingat profesi bidan, merupakan ujung tombak yang berhasil meraih target dari Dinas Kesehatan dan Badan PP dan KB Lampung Selatan, ”ujar Nanang.

Dalam kesempatan itu, Nanang juga memberikan penghargaan kepada 19 Ranting IBI yang telah menyetujui dalam menyukseskan pembangunan kesehatan khusus kementerian kebidanan di Lampung Selatan. Selain itu juga, Nanang menyerahkan sertifikat dan bidan delima kit kepada Bidan Delima yang baru dikukuhkan.

Loading...