Plt Kadiskes Lampura Benarkan Bupati Budi Utomo Terpapar Covid-19

  • Bagikan
Bupati Lampung Utara, Budi Utomo
Bupati Lampung Utara, Budi Utomo

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Setelah sempat terkesan ‘menutupi’, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Lampung Utara, Maya Natalia Manan akhirnya mengakui jika Bupati Budi Utomo memang terpapar virus Corona 2019. Status Bupati Budi Utomo ini tak lagi bisa ‘ditutupinya’ usai Gubernur Lampung menyatakan bahwa Bupati Budi Utomo termasuk satu dari tiga kepala daerah yang positif Covid-19.

Pernyataan Gubernur Arinal Djunaidi tentang tiga kepala daerah yang positif Covid-19 itu disampaikannya dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Lampung, Senin (26/7/2021). Ketiga kepala daerah itu adalah Bupati Budi Utomo, Bupati Mesuji, Safly TH, Bupati Tulangbawang Barat, Umar Ahmad.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Lampung Utara, Maya Natalia Manan mengatakan, status positif Covid-19 Bupati Budi Utomo diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan rapid ‎antigen. Meski begitu, hasil PCR (Polymerase Chain Reaction) dari pimpinannya hingga kini belum didapat.

“Rapid antigen-nya (Bupati Budi Utomo) positif, (tapi hasil) PCR-nya belum ke luar,” ‎kata dia dalam WhatsApp-nya, Selasa (27/7/2021).

Maya mengatakan, paparan SARS-CoV-2 yang diidap oleh Bupati Budi Utomo diperkirakan didapat dari Kepala Bagian Protokol (Martahan Samosir). Martahan sebelumnya memang terbukti positif Covid-19.

“Pak bupati sudah sembilan hari menjalani isolasi mandiri. Alhamdulillah, kondisi beliau sudah stabil,” tuturnya.

‎Apa yang disampaikan oleh Maya ini berbeda dengan pernyataannya pada Minggu siang (25/7/2021). Kala itu Maya Natalia Manan terkesan hati – hati sekali saat ditanya mengenai apakah pimpinannya itu positif Covid-19 atau tidak.

Ia mengaku  belum dapat memastikan apakah atasannya tersebut dirawat akibat paparan SARS-CoV-2 atau penyakit lainnya. Itu dikarenakan hasil pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction) atau tes swab dari pimpinannya hingga kini belum ada.

“(Positif atau tidaknya beliau) Belum ada ‎hasil pemeriksaan PCR-nya,” tulis Maya dalam WhatsApp-nya kala itu.

  • Bagikan