Beranda Ruwa Jurai Lampung Tengah PN Gunungsugih Canangkan Zona Integritas dan Ekspos Kinerja

PN Gunungsugih Canangkan Zona Integritas dan Ekspos Kinerja

307
BERBAGI
Ketua PN Gunung Sugih, Lampung Tengah Syamsul Arif
Ketua PN Gunung Sugih, Lampung Tengah Syamsul Arif

TERASLAMPUNG.COM — Pengadilan Negeri (PN) Gunungsugih, Lampung Tenga, telah melakukan pencanangan zona inegritas serta laporan tahunan kinerja PN tersebut.

“Pencanangan Zona Integritas hanyalah langkah awal dari tekad sungguh-sungguh PN Gunungsugih dalam mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM),” kata Ketua PN Gunung Sugih Syamsul Arif Rabu (27/2) di kantornya.

Syamsul Arif mengatakan, Zona Integritas itu mulai diwujudkan sejak tahun 2018 yaitu dengan melakukan reformasi birokrasi dan pelayanan publik yang maksimal dimana PN Gunung Sugih telah memiliki Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) satu pintu.

“Pembuatan pintu akses ittu untuk sterilisasi ruangan supaya pengunjung tidak bisa berhubungan dengan para hakim dan pegawai selain di PTSP. Pada akhirnya output dari dua pembangunan tersebut akan terwujud wilayah bebas korupsi” ujar Ketua PN yang dikenal sebagai mantan aktivis dimasa kuliahnya dulu di Fakuktas Hujum Universitas Lampung itu.

Pada kesempatan yang sama Ketua PN Gunung Sugih Syamsul Arif menyampaikan ekspos Laporan Tahunan Kinerja PN Gunung Sugih periode Januari-Desember 2018.

Dia memaparkan capaian-capaian perkara pidana dan perdata yang diterima serta di putus, permohonan perdata, Konsinyasi, Eksekusi dan Pembebasan Jalan Tol, tren kejahatan dan sengketa, Performa Pengadilan, Daya serap anggaran, innovasi, Mou dan Pelayanan Posbakum serta kegiatan bhakti sosial PN Gunungsugih terhadap masyarakat sekitarnya.

Ekspos Laporan Tahunan Kinerja PN Gununsugih Tahun 2018 itu juga bersamaan dengan pelaksanaan Laporan Tahunan (Laptah) Mahkamah Agung RI tahun 2018 di Jakarta.

“Baru kali ini ada pimpinan Pengadilan Tingkat Pertama yang membuat Laporan Tahunan kinerjanya secara langsung di wilayah hukumnya. Expose Laptah PN Gunung Sugih tahun 2018 ini mungkin satu-satunya PN tingkat pertama kelas II di Indonesia yang melaporkan kinerjanya kepada publik,” kata dia.

“Ini penting kami sampaikan sebagai bentuk kesadaran atas pertanggungjawaban kinerja kami selama satu tahun ditahun 2018, oleh karena kinerja kami dibiayai oleh anggaran negara yang diperoleh dari uang rakyat dan kinerja PN Gunung Sugih tentu kami tujukan buat pelayanan kepada rakyat,” Syamsul Arif menambahkan.

Dandy Ibrahim

Loading...