Beranda Ruwa Jurai Tanggamus Pokdarwis Panggawa Teluk Kiluan Raih Penghargaan Terbaik IV Nasional

Pokdarwis Panggawa Teluk Kiluan Raih Penghargaan Terbaik IV Nasional

610
BERBAGI
Pokdarwis Panggawa Teluk Kiluan meraih penghargaan terbaik keempat tingkat nasional untuk kategori berkembang (Foto: Fillia Anindita via Facebook Riko Stefanus)

TERASLAMPUNG.COM — Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Panggawa Teluk Kiluan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus meraih peringkat terbaik keempat tingkat nasional untuk kategori ‘Pokdarwis Berkembang’.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam acara Indonesian Tourism Award 2017, yang bertempat di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (27/9/2017).

“Ya kami mendapat peringkat keempat pokdarwis terbaik untuk kategori pokdarwis berkembang,” ungkap Ketua Pokdarwis Panggawa Teluk Kiluan, Riko Stefabus Kamis (28/9).

Menurut Riko pada lomba pokdarwis itu ada dua kategori yang dinilai, yakni pokdarwis mandiri dan pokdarwis berkembang. Pokdarwis mandiri merupakan pokdarwis yang sudah bisa menghasilkan pendapatan bagi daerahnya, sebagai contoh adalah pokdarwis yang ada di Yogyakarta. Mereka sudah mampu menyumbang PAD hingga sebesar Rp 1,8 miliar dalam setahun.

“Sementara ini, kami masih dalam kategori pokdarwis berkembang.Artinya masih berupaya untuk terus membangun. Kemudian saat ini pun, status Pantai Kiluan di skala nasional juga baru masuk destinasi wisata baru, berbeda dengan tempat lain yang sudah dikenal lama,” katanya.

Menurut Riko, penilaian utama dalam Lomba sambung Rico, adalah pola pemberdayaan anggota pokdarwis dan masyarakat untuk menjadikan sebuah tempat wisata sebagai objek wisata dalam skala luas, minimal ke arah desa wisata.

“Di sana dinilai bagaimana kegigihan, lalu pokdarwis jadi ujung tombak menuju desa wisata, dan kontribusi ke pemerintah daerah. Jika hanya modal tempat tapi tidak ada upaya pemberdayaan masyarakat, maka tidak bisa,” katanya.

Selain itu, dinilai juga usaha menjalankan sapta pesona yang jadi pegangan pengelola wisata. Di nilai kondisi home stay yang pengunjungnya juga, yang pasti seluruhnya,” kata Ketua Pokdarwis tersebut.

Tahapan penilaian sendiri, sudah dimulai dari tingkat kabupaten, provinsi sampai nasional. Untuk skala nasional Pokdarwis Pantai Kiluan harus mampu untuk bersaing dengan 1.163 kelompok Pokdarwis se-Indonesia. Lalu masuk 25 besar wakili Provinsi Lampung. Dan akhirnya mendapatkan peringkat keempat setelah pokdarwis dari Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, dan Bangka Belitung di peringkat atasnya.

“Kesannya sekarang kami bangga usaha kami berhasil dan bisa mengangkat nama masyarakat, nama daerah mulai dari kabupaten sampai provinsi. Harapan kami ke depan, bisa meraih prestasi lebih baik lagi,” harapnya.

Disamping itu dia juga berharap, agar Dinas Pariwisata Tanggamus dapat terus memberikan bimbingan kepada pokdarwis lainnya, agar prestasi Pokdarwis Kiluan bisa diikuti oleh pokdarwis lainnya yang ada di Tanggamus.

“Kami berharap bimbingan lebih serius lagi ke pokdarwis-pokdarwis lainnya maka yang lain juga semakin baik,”katanya.