Beranda Ruwa Jurai Mesuji Pol-PP Mesuji Ikuti Pelatihan Kedisiplinan

Pol-PP Mesuji Ikuti Pelatihan Kedisiplinan

514
BERBAGI
Pelatihan kedisiplinan Pol PP Kabupaten Mesuji, Rabu (8/10).

MESUJI, Teraslampung,com—Sebanyak 120 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Mesuji mengikuti Pelatihan Kedisiplinan di Desa Adi Luhur, Kecamatan Panca Jaya. Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Mesuji, Mu’min, SKM, M.Kes mewakili Bupati Mesuji, Rabu (08/10/2014).

Dalam pelatihan tersebut para personel Satpol PP akan menerima materi tentang pemahaman peraturan dan materi bela negara dari Pemkab Mesuji, Kodim 0426 Tulang Bawang, dan Polres Mesuji, serta pelatihan fisik dan baris-berbaris. Kegiatan pelatihan kedisiplinan tersebut dijadwalkan akan digelar selama tiga hari.

Dalam sambutannya, Mu’min mengatakan untuk dapat memainkan peran secara profesional, anggota Satpol PP diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dan dituntut untuk senantiasa meningkatkan kualitas dirinya.

“Melalui pelatihan-pelatihan formal maupun dengan mengkaji aturan-aturan yang berlaku, sehingga pada gilirannya minimal bisa mendekati sosok Polisi Pamong  Praja yang ideal, sebagai aparatur Kepolisian yang berjiwa dan berwatak kepamongan,“ terangnya.

Dalam hal penegakan aturan, anggota Satpol PP dituntut untuk memiliki ketegasan, namun tetap mengedepankan cara-cara persuasif dan membina secara bijaksana.

“Tantangan era global juga menuntut setiap anggota Satuan Polisi Pamong Praja mampu mengemban tugas sesuai situasi dan kondisi yang terus berubah dengan begitu cepat,“ ujarnya.

“Melalui pelatihan ini diharapkan dapat mewujudkan anggota Satpol PP yang profesional, mampu melaksanakan tugas, kewajiban serta perannya dalam menegakkan keamanan dan ketertiban umum sesuai dengan PP Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja dan Permendagri Nomor 40 Tahun 2011 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Polisi Pamong Praja,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mesuji, Sumaryo, mengatakan kegiatan pelatihan kedisiplinan ini sebagai upaya menyamakan persepsi terhadap pola pengamanan dan penertiban pelanggaran peraturan daerah dan ketertiban umum.

“Adapun dasar pelaksanaan dari pelatihan ini mengacu pada PP Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja dan Permendagri Nomor 38 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Polisi Pamong Praja,” ujarnya.