Beranda News Pusiban Polda Kerahkan 1.050 Personel Amankan Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung

Polda Kerahkan 1.050 Personel Amankan Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung

432
BERBAGI
Kantor DPRD Lampung
Kantor DPRD Lampung

Zaenal Asikin/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG – Kepolisian daerah (Polda) Lampung mengerahkan kekuatan penuh untuk mengamankan jalannya acara pelantikan Gubernur Lampung Ridho Ficardo-Bachtiar Basri di Gedung DPRD Lampung, Senin besok (2/6). Sebanyak 1.050 personel dilibatkan untuk pengamanan mulai  kediaman Gubernur Lampung terpilih Ridho Ficardo di perumahan Villa Citra, Bandarlampung, hingga Gedung DPRD.

Kepala Bidang Humas Polda Lampung AKBP Sulityaningsih mengatakan, personel yang dikerahkan dalam pengamanan adalah gabungan dari Polda Lampung, Polresta Bandarlampung, dan BKO Lampung Selatan.

“Pengaman ini juga dibantu dari Polres Lampung Selatan sebanyak satu pleton, personel ini mengamankan di Bandara Radin Inten II untuk pengamanan para tamu undangan dan pejabat pusat yang hadir dalam pelantikan tersebut. Selain di Bandara Radin Inten II, pengamanan juga dilakukan di Hotel Novotel, dan Hotel Sheraton tempat para tamu menginap,” tutur Sulis kepada wartawan, Minggu (1/6).

Dijelaskannya, 1.050 personel yang dipersiapkan itu terdiri dari 608 personel dari Polda, dan 442 personel dari Polresta Bandar Lampung termasuk dari Satuan Brigadir Mobile (Brimob). Selain itu juga di siapkan dua unit kendaraan ABC penembus blokade Direktorat Sabhara Polda Lampung, dua unit bariel, dua unit baracuda watercanon, satu unit Pengamanan Objek Vital dan satu pleton personel antihuru-hara. Pengamanan juga disiapkan dari pemerintahan yakni dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Dari personel yang diturunkan, untuk pengamanan didalam area kantor gubernur dan gedung DPRD Provindi Lampung, salah satunya berasal dari tim penjinak bom (Jibom) Brimob. Ya ada dua unit penjinak bom yang ditempatkan di lokasi pelantikan, tim penjinak bom ini ditempatkan dan disiagakan sebagai bentuk antisipasi ancaman teror pada saat pelantikan nanti,” kata Sulis.

Untuk mengamankan perjalanan Ridho dan Bachtiarm Polda Lampung mengerahkan 27 kendaraan taktis lalu lintas roda empat dan 16 unit roda dua. Anggota nantinya akan ditempatkan pada titik-titik rute rombongan.

Sore ini (Minggu, 1/6) polisi menggelar simulasi pengamanan proses pelantikan gubernur, para personel Polda Lampung dan Polresta Bandar Lampung mengikuti apel persiapan di Lapangan Korpri.

“Simulasi ini dengan rute perjalanan dari kediaman Gubernur Lampung terpilih, Ridho Ficardo di Villa Citra dan tempat wakil gubernur terpilih Bakhtiar Basri di Hotel Novotel menuju ke Gedung DPRD Provinsi Lampung,” tandasnya.