Polda Lampung Gelar Operasi Lilin Krakatau Hingga 4 Januari 2020

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Kepolisian Daerah (Polda) Lampung beserta jajaran mulai melaksanakan Operasi Lilin Krakatau tahun 2020 untuk pengamanan perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021, Senin (21/12/2020). Operasi Lilin Krakatau 2020 akan digelar hingga  4 Januari 2021.

Dalam operasi tersebut, Polda Lampungakan menerjunkan 3.338 personel gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, dan instansi terkait lainnya.

Wakapolda Lampung Brigjen Subianto mengatakan, dalam operasi kali ini pihaknya mendirikan 52 pos yang tersebar di berbagai titik rawan kriminalitas, bencana, dan lainnya. Ada pun rincian pembagiannya, terdapat 38 Pos Pengamanan ditambah dengan 14 Pos Pelayaran yang didirikan.

“Antisipasi curat, curas, dan curanmor di jalanan ini, kami sudah menempatkan 52 Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan dilengkapi instansi terkait. Kami sudah antisipasi sedemikian rupa. Ada pun 52 pos tersebut difokuskan dari Tol Bakauheni sampai perbatasan Sumatera Selatan,” kata Brigjen Subianto saat memimpin apel operasi Lilin Krakatau 2020 di Lapangan Saburai, Bandarlampung, Senin (21/12/2020).

Posko pengamanan sendiri, Polda Lampung memfokuskan di tempat yang rawan kecelakaan dan rawan tindakan kriminalitas. Sedangkan untuk posko pelayanan, akan ditempatkan pusat keramaian seperti pertokoan, pusat perbelanjaan, bandara, pelabuhan, terminal, dan tempat-tempat yang digunakan untuk ibadah Natal.

“Secara umum kami sinergi dengan TNI dan aparat lainnya, melaksanakan pengamanan dalam mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi saat Natal dan tahun baru. Harapan kami dari potensi gangguan tidak akan terjadi, kemudian protokol kesehatan juga lebih diutamakan,” jelasnya.

Soal  pengamanan khusus pascapenangkapan  23 terduga teroris di wilayah Lampung, beberapa hari lalu, Wakapolda menyebut tidak ada yang khusus. Begitu juga dengan pengerahan personil sniper di lapangan, Wakapolda tidak bisa memberikan keterangan rinci.

Loading...
  • Bagikan