Polda Lampung Musnahkan 18 Kg Sabu-Sabu dan 14 Ribu Ekstasi

  • Bagikan
Kapolda Lampung Brigjen Pol Sudjarno dalam acara pemusnahan barang bukti narkoba, beberapa hari lalu. (Ilusrasi)

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Polda Lampung memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu seberat 18.06 Kg dan 14.157 butir pil ekstasi. Barang bukti tersebut, hasil sitaan yang didapat Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung dan Jajaran selama Oktober 2016.

Pemusnahan barang bukti narkoba tersebut, dipimpin langsung oleh Kapolda Lampung, Brigjen Pol Sudjarno di depan halaman Mapolda Lampung, Rabu (16/11/2016).

Kapolda Lampung, Brigjen Pol Sudjarno mengatakan, selama tahun 2016 ini, untuk kali keduanya Polda Lampung telah memusnahkan barang bukti narkoba. Pada pemusnahan yang pertama hasil sitaan Januari hingga September, barang bukti narkoba yang dimusnahkan, 286 Kg ganja, 22,5 Kg sabu-sabu dan 259,859 butir pil ekstasi dan 23 gram heroin.

“Untuk pemusnahan barang bukti narkoba yang kedua yaitu hari ini, ada 18.06 Kg sabu-sabu dan 14.157 butir pil ekstasi hasil sitaan selama Oktober 2016. Pemusnahan ini, telah mendapat penetapan dari Kejati Lampung dan Kejari,”ujar Sudjarno, Rabu (16/11/2016).

Sudjarno mengutarakan, peredaran narkoba saat ini sudah sangat mengkhawatirkan, tidak hanya di masyarakat biasa saja. Bahkan sudah menyentuh ke semua instansi, seperi di kepolisian, TNI, Bupati, anggota DPRD, BNN, PNS, Pegawai Lapas dan pejabat pemerintah lainnya. Selain itu juga, sudah menyusupi generasi penerus bangsa dikalangan pelajar dan mahasiswa.

“Semua intsitusi bangsa sudah disusupi dengan narkoba, barang haram tersebut memang tidak mengenal atau memandang status siapa saja orangnya,”ungkapnya.

Untuk mencegah agar tidak merusak generasi bangsa, kata Jenderal Bintang Satu ini, pihaknya mengajak semua institusi untuk bersama-sama memberantas narkoba yang ada di wilayah lampung agar tidak semakin luas peredarannya. Pihaknya juga menghimbau, agar masyarakat turut membantu petugas dalam pemberantasan narkoba.

“Saya ucapkan terima kasih untuk TNI dan instansi lainnya, yang sudah membantu kepolisian dan sangat proaktif dalam pemberantasan narkoba,”jelasnya.

Pemusnahan barang bukti tersebut, selain dihadiri para pejabat utama Polda Lampung, turur hadir juga Forkopimda Provinsi Lampung, Kajati Lampung, BNNP Lampung, Korem 043/Gatam, Danbrigif 3 Marinir, Danlanal serta Pom AD.

Pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu dan ekstasi tersebut, dengan cara di masukkan kedalam mesin Incenerator lalu dibakar.

  • Bagikan