Beranda Hukum Narkoba Polda Lampung Musnahkan Barang Bukti Narkoba Senilai Miliaran Rupiah

Polda Lampung Musnahkan Barang Bukti Narkoba Senilai Miliaran Rupiah

419
BERBAGI
Pemusnahan barang bukti narkoba senilai miliaran rupiah di Mapolda Lampung, Jumat sore (24/2/2017).

Zainal Asikin|teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung, melakukan pemusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu, ekstasi dan ganja senilai miliaran rupiah. Pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan halaman Mako Ditres Narkoba Polda Lampung, Jumat (24/2/2017) sore.

Barang bukti yang dimusnahkan, sabu-sabu seberat 126 gram, 4.500 butir pil ekstasi dan ganja kaering seberat 10.4 gram. Narkoba senilai miliaran yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil penindakan dari lima perkara selama dua bulan terakhir (Januari-Februari 2016).

Pemusnahan barang bukti narkoba tersebut dipimpin Direktur Reserse Narkoba Polda Lampung, Kombes Pol Abrar Tuntalanai dan disaksikan sejumlah pejabat hukum lainnya, seperti Kabid Pemberantasan BNNP Lampung, AKBP Abdul Harris, Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang, Nurista dan Jaksa Kejati Lampung, Rosman Yusa.

Direktur Reserse Narkoba Polda Lampung, Kombes Abrar Tuntalanai mengatakan, barang bukti narkoba hasil sitaan yang dimusnahkan, merupakan hasil penindakan yang dilakukan pihaknya dari lima perkara selama dua bulan terakhir (Januari-Februari 2017). Barang bukti itu harus segera dimusnahkan, karena sudah memiliki kekuatan hukum tetap dan dicatat dalam berita acara penandatanganan bersama.

“Narkoba yang dimusnahkan, sabu-sabu seberat 126 gram, 4.500 butir pil ekstasi dan ganja kering seberat 10,4 gram. Pemusnahan ini, salah satu bentuk komitmen kami perang terhadap narkoba,”ujarnya, Jumat (24/2/2017) sore.

Menurutnya, untuk satu gram sabu-sabu dijual seharga Rp 1 juta, maka dengan jumlah seberat 126 gram jika diasumsikan senilai Rp 126 juta. Lalu untuk 4.500 butir ekstasi, jika satu butirnya Rp 300 ribu maka mencapai Rp 1,3 miliar dan ganja seberat 10,4 gram senilai Rp 20 juta.

“Ketiga barang bukti narkoba yang dimusnahkan, merupakan hasil sitaan dari para tersangka pengedar dan bandar narkoba yang nilainya hingga mencapai miliaran,”ungkapnya.

Dikatakannya, dari penindakan lima perkara tersebut, salah satunya adalah barang bukti 4.500 butir pil ekstasi yang disita dari dua bandar narkoba asal Aceh yang ditembak mati petugas beberapa waktu lalu, saat akan dilakukan penangkapan di Jalan Soekarno Hatta (Bypass), Kelurahan Ketapang, Telukbetung Selatan.

“Kami akan secara rutin melakukan pemusnahan barang bukti narkoba hasil sitaan dari penangkapan para tersangka pengedar, bandar dan kurir narkoba,”jelasnya.

Adapun ketiga barang bukti tersebut, dimusnahkan dengan cara berbeda, untuk sabu dan ekstasi dimusnahkan dengan cara di blender. Sementara ganja dilakukan dengan cara dibakar di dalam tong drum.