Beranda News Polda Lampung Naik Status Jadi Tipe A: Ike Jadi Irjen Pol, Khrisna...

Polda Lampung Naik Status Jadi Tipe A: Ike Jadi Irjen Pol, Khrisna Murti Brigjen Pol

2352
BERBAGI
Kapolda Lampung, Brigjen Ike Edwin
Kapolda Lampung, Brigjen Ike Edwin

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Pada Agustus 2016, Kepolisian Daerah (Polda) Lampung statusnya akan naik dari Tipe B menjadi Polda Tipe A atau sejajar dengan Polda Aceh, Sumut, Riau, dan Sumsel. Hal tersebut disampaikan Irwasda Polda Lampung, Kombes Pol Budi Santoso kepada Kapolda Lampung, Brigjen Pol Ike Edwin pada saat peluncuran Program Prioritas Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya) Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di Mapolda Lampung.

“Izin Pak Kapolda, ini saya dapat pesan singkat melalui BalckBerry Messenger (BBM) dari Mabes Polri memberitahukan, Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan menyatakan bahwa Agustus 2016 mendatang Polda Lampung naik statusnya menjadi tipe A,”ujar Budi, Jumat (29/7/2016).

Mendapat kabar tersebut, Kapolda Lampung, Brigjen Pol Ike Edwin, para pejabat utama Polda Lampung beserta Jajaran dan anggota lainnya, langsung mengucap syukur.

Kapolda Lampung, Brigjen Pol Ike Edwin menuturkan, dalam program 100 hari Kapolri dan pada saat fit and proper test, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian sudah menyatakan, bahwa ada beberapa Polda di Indonesia yang akan dinaikkan statusnya. Salah satunya adalah, Polda Lampung dan Riau.

“Polda Lampung memang sudah saatnya untuk naik menjadi tipe A, dilihat dari segi penduduknya saja mencapai sekitar 10 juta lebih. Untuk jaminan keamanan, penambahan personel jelas dibutuhkan,”kata Ike.

Menurutnya, Lampung merupakan Pulau nomor dua yang terbesar penduduknya untuk di wilayah Sumatera. Selain itu juga, kata Ike, Lampung merupakan sebagai penyangga di wilyah Pulau Sumatera, karena sebagai pintu gerbang masuk ke Pulau Sumatera.

Namun untuk mengenai kapan waktu dan tanggalnya dinaikkan statusnya menjadi tipe A, Jenderal Bintang Satu ini yang disapa dengan sebutan Dang Ike mengakui, bahwa dirinya belum mengetahui secara pasti.

“Ya kita tunggu sajalah, yang jelas kami sangat bersyukur dengan peningkatan status menjadi tipe A. Peraihan ini, pastinya tidak luput dari peran serta masyarakat Lampung, Pemerintah Daerah dan juga peran dari media,”ujarnya.

Dengan perubahan tipe itu, maka Polda Lampung pun nantinya akan dipimpin Kapolda berpangkat Inspektur Jenderal Polisi dan Wakapolda berpangkat Brigadir Jenderal Polisi. Artinya, Brigjen Ike Edwin akan berpangkat Irjen Pol sedangkan Kombes Khrisna Murti yang akan mulai aktif sebagai Wakapolda pada pekan depan nantinya berpangkat Brigadir Jenderal Polisi.

Loading...