Polda Lampung Selidiki Peluru Nyasar yang Kenai Mahasiswi Universitas Terbuka

  • Bagikan
Kapolda Lampung Brigjen Pol Sudjarno

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Kapolda Lampung, Brigjen Pol Sudjarno, mengatakan pihaknya sudah mendapatkan informasi adanya kejadian peluru nyasar yang mengenai lengan kanan mahasiswi Universitas Terbuka (UT), Puput Eka Nurmaili (23) warga Dusun Pasar Lama, Desa Merak Batin, Natar, Lampung Selatan, pada Minggu (13/11/2016) sore lalu.

“Saya sudah dapat laporan kejadian peluru nyasar yang mengenai warga, saat ini masih dalam penyelidikan kasusnya,”ujar Sudjarno, Senin (14/11/2016).

Sudjarno mengutarakan, proyektil yang bersarang di tubuh korban, sudah dilakukan operasi dan proyektil tersebut sudah dibawa petugas untuk diselidiki. Namun pihaknya belum dapat memastikan asal proyektil tersebut, apakah digunakan anggota atau bukan.

“Untuk mengetahui dari mana asal peluru dan jenis proyektilnya, saat ini tim sedang menelusurinya. Kami akan mengusut tuntas kasus peluru nyasar yang mengenai korban Puput tersebut,”terangnya.

Sementara Kapolsek Natar, Lampung Selatan AKP Eko Nugroho saat dikonfirmasi melalui ponselnya mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan kasus peluru nyasar tersebut dari keluarga korban. Dari laporan tersebut, langsung dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan meminta keterangan saksi.

“Ya laporannya sudah kami terima, dan korban sudah diperiksa. Selain korban, Adel sepupu korban dan beberapa saksi lain di lokasi sekitar TKP sudah di periksa,”kata Eko kepada teraslampung.com.

Menurutnya, dari keterangan saksi, bahwa saat kejadian tidak mendengar adanya suara letusan seperti senjata.

Dikatakannya, pihaknya belum mengetahui asal peluru tersebut, ia menduga peluru yang mengenai korban Puput berasal dari atas lalu menancap ditangan kanan korban. Menurutnya, apabila peluru tersebut arahnya dari bawah, dimungkinkan sudah tembus.

Mengenai peluru tersebut, kata Eko, pihaknya belum dapat memastikan asalnya dan milik siapa peluru yang menyasar mengenai korban. Eko menyakini peluru yang mengenai korban, bukanlah berasal dari anggotanya.

“Seluruh anggota sudah dikumpulkan dan dilakukan pengecekan, peluru itu bukan berasal dari anggota saya,”jelasnya.

Diketahui, Puput Eka Nurmaili (23) seorang mahasiswi semester VII di Universitas Terbuka (UT) warga Dusun Pasar Lama, Desa Merak Batin, Natar, Lampung Selatan menjadi korban peluru nyasar, Minggu (13/11/2016) sore lalu sekitar pukul 16.00 WIB. Akibat dari kejadian tersebut, Puput mengalami tembakan peluru nyasar yang mengenai legan kanannya.

Kejadian tersebut, bermula pada saat Puput dalam perjalanan pulang bersama sepupunya bernama Adel (15) usai mengahadiri acara arisan keluarga di Desa Natar dengan mengendarai sepeda motor. Puput dibonceng sepupunya Adel, saat keduanya melintas di Jalan Jetara yang terdapat pohon besar didekatnya.

Tiba-tiba bahu dan tangan didekat siku kanan, Puput merasakan seperti tertimpa benda dari atas. Taklama kemudian, tangan kanan Puput terasa sakit dan sudah berlumuran darah saat merasakan tertimpa benda tersebut.

Mengetahui terkena tembakan peluru nyasar, sepupunya Adel membawa Puput ke Rumah Sakit Medika Natar, Lampung Selatan. Lalu pihak Rumah Sakit Mendika Natar, merujuk Puput untuk segara dilarikan ke Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek (RSUAM).
Kondisi korban sudah membaik, dan masih menjalani perawatan medis di ruangan VIP Nirmala RSUAM.

  • Bagikan