Beranda News Lampung Polda Lampung Serahkan 10 Unit Alat Penyemprot Desinfektan kepada Dinkes

Polda Lampung Serahkan 10 Unit Alat Penyemprot Desinfektan kepada Dinkes

349
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM– Polda Lampung memberikan bantuan 10 unit alat untuk penyemprot desinfektan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, di Kantor Mapolda Lampung, Senin (23/3/2020).

Penyerahan bantuan langsung diserahkan secara simbolis oleh Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana di halaman Mapolda Lampung.

Reihana mengapresiasi bantuan dari Polda Lampung penyemprot desinfektan akan digunakan untuk menyemprotkan desinfektan didaerah daerah yang terjangkit di Bandarlampung.

Selain itu, Dinkes Lampung juga menerima 60 alat pelindung diri (APD) dan langsung disalurkan ke RSUAM sebanyak 40 dan sisanya untuk Dinkes, petugas pengambil swab,  dan RS Bandar Negara Husada.

Kapolda Lampung Irjen Purwanto Ariadi mengatakan, bantuan tersebut sejalan dengan kebijakan Kapolri tentang Maklumat Nomor 2 /III/ 2020.

Menurutnya, dalam maklulat tersebut Kapolri menyatakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, masyarakat diharuskan menerapkan social distancing dalam berbagai kegiatan, baik kegiatan ibadah,  kesenian, atau hiburan dan olahraga.

“Dimohonkan masyarakat mengikuti maklumat tersebut,” kata Kapolda.

Berdasarkan data yang dihimpun,  kata Kapolda, orang dalam pemantauan (ODP) di Lampung saat ini berjumlah 805 orang; positif 1 orang dan 6 orang dalam pengawasan.

“Saat ini Lampung urutan ke-16 secara nasional. Oleh karena itu, Polda bekerjasama dgn pemda terus melakukan sosialisasi social distancing. Kami sudah mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat soal social distancing. Masyarakat juga jangan panik. Pengunaan media sosial juga harus bijak atau arif. Sampai saat ini Polda sudah menindak 3 orang yang menyebar hoax, sekarang sedang dalam proses,” katanya.

Kapolda menjelaskan saat ini sudah disiapkan 128 personel Polri terlatih untuk melindungi masyarakat dari ancaman virus corona. Selain itu,  juga disiapkan 200 baju sebagai pelindung diri (APD) bagi petugas medis.

“Ke-128 personel ini sudah dilatih. Mereka akan kami sebar untuk daerah daerah penyebaran primer, sekunder dan tertier serta di pasar pasar yang ada di Bandarlampung.  Mereka juga akan disebar keluarga yang positif corona. Juga ke Polres-Polres,” jelasnya.

Menurut Kapolda Lampung, Polda juga akan terus memantau aktivitas masyarakat agar masyarakat aman dan nyaman tetap didalam rumah.

“Biarlah Pemda dan aparat keamanan yag memberi jaminan dalam menjaga masyarakat. Satu sama lain, antar-warga, mari bersama-sama kita bisa saling menjaga,” kata Kapolda.

Mas Alina Arifin

Loading...