Beranda Hukum Narkoba Polda Tetapkan Tiga Istri Gembong Narkoba Toni Sapu Jagat Masuk DPO

Polda Tetapkan Tiga Istri Gembong Narkoba Toni Sapu Jagat Masuk DPO

542
BERBAGI
Barang bukti narkoba yang disita Polda Lampung usai penggerebekan gembong narkoba Toni Sapu Jagat di rumahnya, Menggala, Kabupaten Tulangbawang, 24 Febaruari 2015 lalu.

Zainal Asikin/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung, akhirnya secara resmi menetapkan tiga istri dari tersangka gembong narkoba Hartoni alias Toni Sapu Jagat masuk Daftar Pencarian Orang (DPO). Ketiga istri Toni Sapu Jagat terserbut, yakni berinisial DS, NI dan WD.

Kasubdit I Ditnarkoba Polda Lampung, AKBP Raswanto Hadiwibowo mengatakan, kini pihaknya tengah melacak keberadaan ketiga istri Toni Sapu Jagat.

Baca:  Gembong Narkoba asal Menggala Mati Ditembak

“Ya, tiga istri toni berinisial DS, NI dan WD sejak hari ini, Jumat (8/5) sudah kami  tetapkan sebagai DPO. Tapi saya lupa nomor penetapannya, karena saat ini saya sedang berada di Jakarta yang jelas mereka (istri Toni Sapujagat) sudah masuk DPO,” kata Raswanto kepada Teraslampung,com, Jumat (8/5) malam.

Raswanto menerangkan, sebelum ditetapkan sebagai DPO, sebelumnya penyidik sudah sempat akan melakukan penjemputan di rumahnya dengan membawa surat penangkapan langsung. Karena ketiga istri Toni sudah dua kali tidak datang memenuhi panggilan pemeriksaan, ketika sampai dirumah Toni, ketiganya sudah tidak ada ditempat dan petugas tidak berhasil menemukan.

Baca:  Ada Loket untuk Transaksi Narkoba di Rumah Toni Sapu Jagat

“Kami  sudah cari mereka kerumahnya di daerah Tulang bawang itu, tapi mereka sudah tidak ada. Bahkan pencarian sudah dilakukan dirumah orang tua dan kerabat mereka masing-masing, diduga mereka sudah kabur, makanya kita jadikan DPO dan petugas saat ini masih terus mencari keberadaan ketiganya,” terangnya.

Menurut Raswanto., keterangan ketiga istri Toni Sapu Jagat itu sangat diperlukan untuk mencocokkan dengan rekaman CCTV yang telah disita pascapenggerebekan Toni.

Raswanto mengatakan, pihaknya akan melakukan cek silang (konfrontir) dengan saksi-saksi yang sudah diperiksa. Polda Lampung akan terus melacak keberadaan dari ke tiga istri Toni Sapu Jagat yang diduga kabur melarikan diri.

“Yang jelas, tiga istri Toni ini akan kami cari terus. Karena, mereka merupakan saksi kunci untuk menguak siapa saja orang-orang yang terlibat dalam bisnis barang haram yang dijalankan oleh mendiang suami mereka,” tegasnya.

Ketika ditanya apakah ketiga istri Toni tersebut terlibat dalam bisnis narkoba, Raswanto mengatakan, kemungkinan bisa saja. Akan tetapi, bukan dalam peredaran narkobanya melainkan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

“Bisa saja, kita menjerat para istrinya itu dengan Pasal TPPU nya. Tapi yang jelas, kita masih harus memeriksa mereka dan menyelidikinya,” ungkapnya.

Pada 24 Februari 2015 lalu puluhan aparat gabungan dari Direktorat Narkoba Polda Lampung, menggerebek kediaman Toni Sapu Jagat. Pada penggerebekan itu sempat terjadi baku tembak yang berujung tewasnya Toni.

Dari rumah Toni, petugas menyita 1 kilogram sabu, 16 kamera CCTV, empat unit mobil berbagai jenis serta puluhan sertifikat tanah.

Loading...