Beranda Teras Berita Polisi Buru Satu Tersangka Pemicu Bentrok Lampung Tengah

Polisi Buru Satu Tersangka Pemicu Bentrok Lampung Tengah

163
BERBAGI

Zainal Asikin/teraslampung.com

ilustrasi amuk massa

BANDARLAMPUNG-Kendati telah menangkap tiga tersangka sebagai otak pelaku pembunuhan terhadap dua korban, Angga Perwira Yudha dan Kurnia Jaya, warga Dusun II yang menjadi pemicu terjadinya bentrok di Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Anaktuha, Lampung Tengah. Kini, Polda Lampung dan Polres Lampung Tengah masih memburu satu pelaku lagi berinisial TK yang diduga ikut membantu ketiga tersangka menguburkan kedua jasad korban tersebut.

Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Lampung, Kombes Pol Purwo Cahyoko mengaku telah mengantongi identitas pelaku yang berinisial TK yang kini masih dalam pengejaran petugas di lapangan.

“Identitasnya sudah kami kantongi, kami dari Polda hanya membantu memback up Polres Lamteng untuk mencari keberadaan pelaku TK tersebut,” kaat Purwo kepada teraslampung.com, Senin (8/12).

Purwo Cahyoko menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap tiga tersangka yakni Wagino, Edi dan Rusdi mengakui bahwa TK berperan hanya membantu menguburkan, bukan pelaku eksekutor. “Dia (tersangka TK-Red) hanya bantu menguburkan saja, kalau yang tiga tersangka ini memang otak pelaku utamanya,” jelasnya.

Ketiga tersangka, kata Purwo, saat ini masih ditahan di sel tahanan Mapolda Lampung guna pemeriksaan lebih lanjut. Jika pemeriksaan tersebut telah selesai, maka akan ditangani Polres Lamteng. “Karena tempat kejadian perkaranya di Lampung Tengah, jadi penanganan lebih lanjutnya nanti disana (Lamteng), kami hanya memback up saja. Selain itu juga kami masih menunggu hasil autopsi dari RSUD Abdoel Moleok,” tuturnya.

Untuk pasal yang disangkakan, sambungnya, yakni pasal 338 KUHP tentang barang siapa dengan sengaja merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun dan pasal 351 KUHP tentang penganiayaan berat.

diketahui sebelumnya, setelah menangkap tiga tersangka di dua tempat berbeda, yakni Rusdi (54) dan Edi Suprayitno (42) dibekuk di kampung tempat kelahirannya yakni daerah Blitar, Jawa Timur sedangkan Wagino (42) diringkus polisi di daerah Way Jepara, Lampung Timur.

Polda Lampung dan Polres Lamteng berhasil menemukan dua mayat yang menjadi korban pembunuhan pemicu terjadinya bentrok di dua Dusun Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Anaktuha, Lampung Tengah, yakni Angga Perwira Yudha dan Kurnia Jaya didalam rawa yang berjarak 200 meter dari tempat kejadian bentrok sekitar pukul 02.30 WiB, Minggu (7/12) dengan kondisi tubuh rusak dan sudah membusuk.

Selanjutnya, kedua mayat yang terbungkus karung tersebut dibawa ke Rumah Sakit Umum Abdul Muluk (RSUAM) Bandarlampung untuk dilakukan autopsi.

Berita Terkait: Lampung Tengah Membara, Puluhan Rumah Warga Dibakar Massa
Baca Juga: Inilah Kronologi Rusuh Lampung Tengah yang Menyebabkan Puluhan Rumah Dibakar