Beranda News Teras Jabar Polisi Dibakar Saat Amankan Demo Mahasiswa di Cianjur, Kondisinya Sangat Memprihatinkan

Polisi Dibakar Saat Amankan Demo Mahasiswa di Cianjur, Kondisinya Sangat Memprihatinkan

882
BERBAGI
Polisi terbakar saat mengamankan demonstrasi di Cianjur, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019).
Polisi terbakar saat mengamankan demonstrasi di Cianjur, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019).

TERASLAMPUNG.COM — Seorang polisi diduga dibakar massa mahasiswa saat mengamankan aksi demonstrasi di Cianjur hingga Kamis malam (25/8/2019) masih menjalani perawatan medis. Pihak kepolisian masih mendalami kasus biadab ini.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, ketiga polisi itu ialah Aiptu Erwin anggota Bhabinkamtibmas Polsek Cianjur, Bripda Yudi Muslim dan Bripda F.A Simbolon anggota Sabhara Polres Cianjur.

“Saat ini korban (dirawat) di RSUD Cianjur. Tim dari RS Polri turun mendukung rekomendasi perkembangan kesehatannya apakah dirujuk di RS Polda Jabar atau RS Polri di Kramat Jati,” kata dia saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Kamis (15/8).

Di antara ketiga anggota polisi tersebut, kondisi luka bakar yang dialami Erwin paling parah karena mencapai 80 persen. Meski demikian, yang bersangkutan sudah dalam kondisi sadar dan bisa berkomunikasi.

Truno menyatakan bahwa proses penyelidikan dalam proses penyidikan ini sudah jelas mengandung unsur pidana namun. Saat ini, sudah ada 15 orang yang dimintai keterangan terkait insiden ini. Selain itu, pihak kepolisian mengamankan barang bukti berupa ban yang dibakar dan pakaian seragam polisi yang terbakar.

“Kita lakukan penyelidikan lebih dalam siapa tersangkanya. Kedua, kita kecam aksi dari oknum kelompok tersebut. Ke depannya, saya imbau untuk tidak melakukan hal hal yang memang dapat menggangu ketertiban, apalagi melakukan suatu tindak pidana saat melakukan pengungkapan pendapat,” terangnya.

“(15 orang dalam aksi demonstrasi) saat ini masih dimintai keterangan di Mapolres Cianjur,” ujar Truno.

Massa aksi gabungan mahasiswa yang mengatasnamakan Cipayung Plus itu melakukan demonstrasi di kantor DPRD dengan membawa sejumlah tuntutan. Di antaranya terkait pengentasan angka pengangguran atau sempitnya lapangan pekerjaan. Lalu kurangnnya perhatian pemerintah terhadap pendidikan di Cianjur.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa itu terjadi saat massa aksi membakar ban di sela demonstrasi.

Melihat hal itu, Erwin berinisiatif untuk memadamkan api. Di tengah upayanya memadamkan api, sejumlah orang dari massa aksi menyiram minyak ke tubuh Erwin. Tak pelak, hal tersebut membuat tubuhnya terbakar.

Melihat ada anggota polisi yang terbakar, dua anggota polisi lainnya, yakni Yudi Muslim dan F.A Simbolon anggota Sabhara Polres Cianjur memadamkan api yang menyelimuti tubuh Erwin. Mereka pun turut terbakar.

Aksi brutal tersebut videonya tersebar luas di media sosial. Netizen pun menyampaikan kutukan terhadap para pelaku yang dinilai biadab.

Merdeka.com

 

Loading...