Beranda Hukum Kriminal Polisi Gadungan Ini Mengaku Hanya Iseng ‘Menilang’ dan Bawa Kabur Sepeda Motor...

Polisi Gadungan Ini Mengaku Hanya Iseng ‘Menilang’ dan Bawa Kabur Sepeda Motor Korban

368
BERBAGI
Tersangkaa Rino Saputra saat diperiks adi Polresta Bandarlampung, Munggu (22/5).

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG – Tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor), Rino Saputra (24), mengaku ia sehari-hari berprofesi sebagai sopir travel.Ie mengaku  hanya iseng mengenakan kaos

bertuliskan “Turn Back Crime” saat  ‘menilang’ seorang pengendara sepeda motor, pura-pura jadi anggota Brimob, dan membawa kabur sepeda motor korban.

Menurutnya, bahwa dirinya tidak ada niat untuk mencuri, saat mengenakan kaos itu ia tidak mengaku sebagai angota polisi.

“Saya cuma iseng saja ketika saya  menghentikan sepeda motornya. Saya lalu meminta orang itu (korban) untuk menunjukkan surat-surat kendaraannya,”ujarnya di hadapan petugas dan awak media, Minggu (22/5/2016).

Dikatakannya, saat itu ia bersama rekannya  menghentikan sepeda motor yang dikendarai korban di daerah Jagabaya, Bandarlampung.

“Tapi saya tidak mengatakan bahwa anggota polisi,” ujarnya.

Menurutnya, mungkin orang itu saja yang mengira kalau dirinya sebagai polisi lantaran ia mengenakan kaos bertuliskan “Turn Back Crime”.

SIMAK: Curi Sepeda Motor, Anggota Brimob Gadungan Ditembak Polisi

Korban lalu menyerahkan motor dan surat-suratnya, lalu ia membawa sepeda motor korban pergi. Diperjalanan motor itu tiba-tiba macet dan tidak bisa dinyalakan lagi, saat itulah ia ditangkap polisi.

“Baru kali ini saya melakukannya, itu pun saya lakukan karena tidak ada niatan untuk mencuri hanya iseng saja,” katanya.

Soal  foto dirinya yang menggunakan seragam polisi dari kesatuan Brimob, bahwa foto itu bukanlah asli dirinya mengenakan seragam polisi melainkan hasil editan komputer.

“Saya membuat foto berseragam Brimob itu  untuk iseng saja bukan saya gunakan dan mengaku sebagai anggota polisi. Foto itu juga editan dari komputer, teman saya yang membuatkannya,”uangkapnya.

Tim Gham Alau Kejahatan Satuan Reserse Kriminal Polresta Bandarlampung, meringkus anggota Brimob gadungan Rino Saputra (24) warga Jl Imam Bonjol, Tanjungkarang Barat Bandarlampung, Jumat (20/5/2016) lalu.

BACA: Bermodal Kaos Bertuliskan “Turn Back Crime”, Brimob Gadungan Rampas Sepeda Motor Korban

Polisi menangkap tersangka Rino di Jalan ZA Pagar Alam, Kedaton karena mencuri sepeda motor. Saat akan ditangkap tersangka melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri, petugas melumpuhkan Rino dengan timah panas di kakinya.

Dari tangan tersangka, polisi menyita satu unit sepeda motor Yamaha RX King warna kuning BE 5727 PA, satu buah kaos bertuliskan “Turn Back Crime” dan foto tersangka mengenakan seragam polisi.

Akibat perbuatannya, tersangka Rino kini harus mendekam di sel tahanan Mapolresta Bandarlampung. Tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan, dengan ancaman hukuman pidana penjara 7 tahun.

Loading...