Beranda Headline Politik Uang Pilgub Lampung, PDIP: Demokrasi Dibajak Kekuatan Kapital

Politik Uang Pilgub Lampung, PDIP: Demokrasi Dibajak Kekuatan Kapital

3344
BERBAGI
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan langkah-langkah PDIP untuk menindaklanjuti dugaan politik uang dalam Pilgub Lampung, di Hotel Sheraton Bandarlamppung, Selasa, 3 Juli 2018.
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan langkah-langkah PDIP untuk menindaklanjuti dugaan politik uang dalam Pilgub Lampung, di Hotel Sheraton Bandarlamppung, Selasa, 3 Juli 2018.

TERASLAMPUNG.COM — Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menegaskan pihaknya akan menempuh langkah hukum dan politik untuk menindaklanjuti masifnya politik uang (money politics) Pilgub Lampung 2018.

Menurut Hasto, politik uang yang masif dan dilakukan kekuatan dengan modal besar termasuk pembajakan demokrasi yang harus dilawan.

“Demokrasi (Pilgub) di Lampung telah dibajak oleh kekuatan kapital. Ada kekuatan-kekuatan yang membunuh demokrasi dengan melakukan money politics secara masif. Karena itulah ami menindaklanjuti hal tersebut, karena kami dalam berpolitik dan berdemkorasi membangun perdaban,”kata Hasto, di sela-sela acara rakor pengurus PDIP se-Lampung, di Hotel Sheraton Bandarlampung, Selasa siang (3/7/2018).

BACA: Politik Uang Pilgub Lampung Terjadi di 15 Kabupaten-Kota

Hasto menegaskan, soal kalah-menang dalam kontestasi pilkada adalah hal biasa. Namun, kata dia, kemenangan dalam kontestasi itu harus tetap fair sehingga hasil kontestasi tetap bisa bermanfaat bagi rakyat.

Menurut Hasto, demokrasi itu untuk membangun peradaban dan bukan untuk meraih kekuasaan dengan segala cara.

“Karena itulah, dengan data-data yang kami miliki, proses politik dan proses hukum akan terus kami lakukan dengan bekerja sama dengan partai-partai politik lain. Termasuk dengan menggulirkan hak angket di DPRD Lampung,” katanya.

Hasto menegaskan, hak angket akan digulirkan karena bagi kami suara rakyat adalah inti dari demokrasi.

BACA: Bawaslu RI Kirim Utusan untuk Proses Dugaan Politik Uang Arinal-Nunik

“Kedaulatan rakyat dalam menentukan pilihan tidak boleh dibajak oleh kekuatan uang dari mana pun,” tandasnya.

Oyos Saroso H.N.

Loading...