Politikus Gerindra Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia

  • Bagikan
Rachmawati Soekarnoputri/dok tempo.co

TERASLAMPUNG.COM – Politikus Partai Gerindra Rachmawati Soekarnoputri meninggal pada Sabtu, 3 Juli 2021, pukul 06.45 WIB. Adik kandung Megawati Soekarnoputri sempat dirawat di RSPAD Gatot Soebroro karena  terpapar Covid-19 usai ikut acara haul Bung Karno di Blitar.

Kabar wafatnya Rachmawati disampaikan politikus Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mencuit kabar duka ini. “Berita duka, Innalilahi wa innaillaihi rojiun, Pada 3 Juli 2021, sekitar pukul 06.45 WIB, Telah wafat Ibu Rachmawati Soekarnoputri di RSPAD,” kata Sufmi pada Sabtu, 3 Juli 2021.

Politikus Partai Gerindra, Kamrussamad, mengatakan jenazah Rachmawati Soekarnoputri tidak akan disemayamkan di rumahnya.

“Tidak disemayamkan di kediaman mengingat Ibu Rachma terpapar Covid-19 bersama sejumlah ajudan saat Haul Bung Karno di Blitar Juni lalu,” kata Kamrussamad dalam pesan singkatnya, Sabtu, 3 Juli 2021.

BACA JUGA:   Investigasi Kasus Novel Baswedan, Ada Nama-nama Jenderal Terlibat

Kamrussamad mengatakan, jenazah putri Presiden pertama Soekarno itu akan dimakamkan di Karet dengan protokol pemakaman Covid-19. “Tidak perlu hadir, cukup doa kan almarhumah,” katanya.

Rachmawati meninggal hari ini, Sabtu 3 Juli 2021, pukul 06.45 WIB di RSPAD Gatot Subroto. Kamrussamad mengenang sosok Rachmawati sebagai srikandi pemberani dan memiliki cita-cita besar mewujudkan konsep Trisakti Bung Karno. “Teguh dan konsisten terhadap tujuan perjuangan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan ketua umum Prabowo Subianto akan melayat ke rumah Rachmawati setelah pulang dari luar negeri.

“Saat ini Pak Prabowo masih berada di luar negeri dalam rangka kunjungan kerja beliau sebagai Menteri Pertahanan. Sehabis peluang dari luar negeri, beliau akan segera melayat ke kediaman almarhumah,” kata Muzani dalam keterangannya.

BACA JUGA:   Ada 18 Ribu Kader Banser Amankan Arus Mudik Lebaran 2017

Muzani mengatakan, keluarga besar partai Gerindra turut berbela sungkawa. Partai melihat Rachmawati Soekarnoputri yang merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina merupakan sosok yang konsisten memperjuangkan cita-cita bangsa Indonesia, yang selama ini digelorakan Bung Karno.

TEMPO

.com/t/e/teraslampung.com.1193498.js" async>
  • Bagikan