Beranda Politik Politikus PKS Ade Utami Ibnu Gelar Pelatihan Mendongeng

Politikus PKS Ade Utami Ibnu Gelar Pelatihan Mendongeng

84
BERBAGI
Para peserya tatihan mendongeng foto bersama dengan Kak Syams Baduy.

TERASLAMPUNG.COM — Anggota DPRD Lampung dari Fraksi PKS, Ade Utami Ibnu, bersama Universitas Teknokrat Indonesia dan Sekolah Alam Al Karim menggelar Latihan Mendongeng bagi pegiat literasi di Lampung, Minggu (19/3/2017).

Kegiatan ini menghadirkan Syamsul Yusuf, seorang pendongeng nasional yang lebih dikenal dengan dengan “Kak Syams Baduy”.

Ade Utami Ibnu mengatakan jauh sebelum pelaksanakan pelatihan mendongeng, lewat media sosial ia melihat para inspirator-inspirator muda dengan aktivitasnya menyebarluaskan budaya membaca dengan beragam cara.

“Ada yang rumah baca, taman baca, motor pustaka, perahu pustaka, teras baca dan banyak lagi, sehingga karenanya saya berfikir apa sih yang bisa dilakukan oleh saya sebagai wakil rakyat, untuk sedikit berkontribusi membudayakan minat baca di masyarakat?. Akhirnya, mobil baca Ade inilah wujud sedikit kontribusi saya dalam memasyarakatkan minat membaca di masyarakat,” jelas Ade.

Setelah ada mobil baca lanjut Ade, iapun merilis lewat facebook untuk memohon doa atas beroperasinya Mobil Baca Ade. Tak disangka setelah ia merilis foto Mobil Baca Ade, banyak respon yang masuk. “Salah satu yang merespon positif ya Kak Syams ini, beliau menawarkan kolaborasi peningkatan minat membaca melalui mendongeng,” ungkap Ketua Fraksi PKS Lampung.

Gaungpun bersambut, sehingga lahirlah acara pelatihan mendongeng hari ini yang difasilitasi oleh Universitas Teknokrat Indonesia dan juga Sekolah Alam Al Karim.

Menurut Ade, dirinya dan pihak-pihak yang merancang agenda Pelatihan Mendongeng sengaja tak menggunakan surat menyurat secara formal. Ia ingin membuktikan bahwa voulentarism atau jiwa kerelawanan dapat dibangun melalui media sosial.

“Dan akhirnya hari ini benar-benar dibuktikan banyak relawan-relawan literasi dan komunitas yang telah berkiprah mendorong minat membaca di Provinsi Lampung semangat hadir menimba ilmu bagaimana mendongeng hanya lewat pengumuman di facebook,” ujarnya.

Dengan kegiatan mendongeng tentu akan menyuntikkan semangat membaca pada anak-anak sedini mungkin dan tentu pendongengpum dituntut memiliki banyak referensi cerita melalui berbagai buku yang ia baca.

“Salam hormat kami kepada seluruh pegiat literasi di Provinsi Lampung,” ujar Sekretaris Umum PKS Lampung.

Dalam sambutannya sebagai tuan rumah, Ketua Yayasan Teknokrat, Mahathir Muhammad menyampaikan bahwa akhir-akhir ini kebiasan mendongeng oleh orang tua kepada anak-anaknya makin memudar, dan banyak tergantikan dengan gadget untuk melihat youtube, untuk bermedia sosial dan game.

“Anak-anak sekarang makin tidak dilatih berimajinasi, sehingga latihan mendongeng hari ini bagi bapak-bapak, ibu-ibu, adik-adik mahasiswa akan berdampak kepada peningkatan daya imajinasi anak-anak lewat dongeng-dongeng para alumni pelatihan ini,” kata Mahathir.

Menurutnya, dengan pelatihan ini diharapkan penyebaran karakter lewat mendongeng akan lebih massif di tengah-tengah masyarakat

Bachtiar, salah seorang peserta dari Kota Metro, menilai pelatihan mendongeng sangat bagus dan membuatnya bersemangat berlatih.

“Awalnya saya tak bersemangat hadir, namun rupanya setelah ikut kok bagus dan menginspirasi. Saya berjanji akan mendongeng di TPA (Taman Pendididikan Al Qur’an) yang saya kelola,” tutur Bachtiar.

Loading...