Beranda Hukum Narkoba Polres Way Kanan Ringkus Tiga Pengedar Sabu-Sabu

Polres Way Kanan Ringkus Tiga Pengedar Sabu-Sabu

120
BERBAGI
Tiga pelaku pengedar narkoba yang dibekuk Satresnarkoba Polres Way Kanan dan barang bukti yang disita.
Tiga pelaku pengedar narkoba yang dibekuk Satresnarkoba Polres Way Kanan dan barang bukti yang disita.

Zainal Asikin | Teraslampung.com

WAY KANAN — Satuan Reserse Narkoba Polres Way Kanan manangkap tiga pelaku pengedar narkotika jenis sabu-sabu di Kecamatan Buay Bahuga, Way Kanan, Minggu (20/10/2019). Dari penangkapan itu, disita barang bukti sabu-sabu dan satu pucuk senjata api rakitan beserta amunisi.

Ketiga pelaku adaah IH (21) dan DA (17), warga Kampung Punjul Agung, Kecamatan Buay Bahuga, Way Kanan, dan dan RO (22), warga Kampung Bumi Agung Kecamatan Bumi Agung, Way Kanan.

Kapolres Way Kanan AKBP Andy Siswantoro mengatakan, penangkapan ketiga pelaku pengedar narkoba tersebut, berawal dari adanya informasi yang didapat petugas dari masyarakat pada Jumat (18/10/2019) lalu, bahwa di Kecamatan Buay Bahuga sering terjadi adanya peredaran gelap narkotika.

“Dari informasi itu, Sabtu 19 Oktober 2019 petugas melakukan penyelidikan di lokasi yang diduga kerap dijadikan untuk transaksi. Alhasil, petugas menangkap pelaku IH dan DA saat keduanya berada di depan sekolah SDN 2 Punjul Agung sekitar pukul 00.30 WIB,”ujarnya kepada teraslampung.com, Minggu (20/10/2019).

Dari penangkapan kedua pelaku, kata AKBP Andy Siswantoro, disita barang bukti dua plastik klip kecil didalamnya berisi kristal putih narkotika jenis sabu yang disimpan dalam bungkus kotak rokok LA Bold warna hitam serta satu buah pipa kaca (pirek).

“Keterangan dari pelaku IH, barang haram (sabu) itu rencananya akan dijual kepada seseorang di depan sekolah SDN 2 Punjul Agung. Pelaku juga mengaku, sabu itu dibeli secara patungan sebesar Rp 1,2 juta dari seorang berinisial RO di daerah OKU Timur,”ungkapnya.

Hasil pengembangan, lanjut mantan Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Lampung ini, petugas menangkap RO di rumahnya di Kampung Bumi Agung Kecamatan Bumi Agung, Way Kanan tanpa ada perlawanan.

Lalu dilakukan penggeledahan dan di temukan satu bungkus plastik klip kecil berisi sabu bekas pakai, satu bungkus potongan plastik klip bening kecil sabu bekas pakai, satu pipa kaca (pirek), gulungan kertas timah rokok, batang cattoon bud dan satu batang pipet plastik.

“Tidak hanya itu saja, petugas juga menemukan satu pucuk senjata api rakitan jenis revolver beserta lima butir peluru aktif dari pelaku RO. Semua barang bukti yang disita, ditemukan didalam lemari kamar pelaku,”bebernya.

Dikatakannya, selain sebagai pengedar narkotika di wilayah Kecamatan Buay Bahuga, mereka (pelaku) juga sebagai pengguna barang haram (sabu) tersebut. Para pelaku menggunakan sabu, setelah mendapatkan untung dari hasil transaksi penjualan sabu.

“Ketiga pelaku beserta barang bukti yang disita, saat ini diamankan di Mapolres Way Kanan guna penyelidikan lebih lanjut terkait narkoba dan kepemilikan senpi rakitan beserta amunisi,”terangnya.

Atas perbuatanya itu, ketiga pelaku dijerat Pasal 112 ayat (1) UU RI No 35 tahun 2009 Tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat empat tahun dan paling lama 12 tahun.

“Mengenai senpi rakitan dan amunisi, pelaku RO dijerat Pasal 1 ayat (1) UU darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman pidana penjara maksimal hukuman mati atau 20 tahun penjara,”pungkasnya.

Loading...