Beranda Hukum Kriminal Polresta Bandarlampung Gelar Pelatihan Sidik Jari bagi Petugas Polsek

Polresta Bandarlampung Gelar Pelatihan Sidik Jari bagi Petugas Polsek

2193
BERBAGI
Pelatihan sidik jari bagi para petugas kepolisian di Polsek di Bandarlampung.

BANDARLAMPUNG – Polresta Bandarlampung menggelar pelatihan sidik jari (daktiloskopi) untuk para personil kepolisian jajaran Polsekta, Sabtu (4/6/2016). Pelatihan sidik jari tersebut, untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan serta profesionalis bagi para personel untuk pengungkapan suatu kasus.

Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Dery Agung Wijaya mengatakan, dilakukannya pelatihan sidik jari ini, tidak lain untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota di setiap jajaran Polsekta dalam melaksanakan tugas di lapangan.
“Di pelatihan ini mereka dibekali keterampilan cara pengambilan sidik jari yang tepat, akurat dan cepat,”kata Dery saat ditemui diruangannya, Sabtu (4/6/2016).

Dikatakannya, dengan adanya pelatihan sidik jari ini, diharapkan para personil akan lebih mampu lagi dan mahir dalam melaksanakan tugas di lapangan kedepan. Karena pengambilan sidik jari di tempat kejadian perkara (TKP), merupakan gerbang awal kepolisian dalam pengungkapan suatu kasus.

“Kegiatan ini tidak hanya dilakukan kali ini saja, akan dilakukan secara kontinew dan berkesinambungan dan menjadi agenda rutin Poresta Bandarlampung. Karena kedepannya, perlu adanya regenerasi untuk meningkatkan kemampuan dari masing-masing personil,”ujarnya.

Menurutnya, para personel yang mampu dan berhasil lulus dalam pelatihan sidik jari, diberikan sertifikat penghargaan.

Dari masing-masing Polsekta yang mengikuti pelatihan sidik jari, kata alumnus Akademi Kepolisian tahun 2001 ini, diambil tiga orang anggota untuk mengikuti pelatihan tersebut. Dari 35 anggota yang mengikuti pelatiahan sidik jari, ada 20 anggota yang dinyatakan lulus.

“20 anggota yang dinyatakan lulus ini, bisa mengambil langsung sidik jari di TKP untuk pengungkapan suatu kasus. Harapannya, akan lebih trampil lagi, mahir dan profesional dalam melaksanakan tugas di lapangan nantinya,”ungkapnya.