Beranda Teras Berita Polresta Segera Tetapkan Tersangka Kasus Pungli di Pelindo II Panjang

Polresta Segera Tetapkan Tersangka Kasus Pungli di Pelindo II Panjang

207
BERBAGI

Zainal Asikin/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG – Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polresta Bandarlampung, selangkah lagi akan segera menetapkan tersangka dalam kasus dugaan retribusi upah bongkar muat (share handling/handling fee) di Pelindo II, cabang Panjang sebesar Rp2.300 per ton.

Pasalnya, tim penyidik telah menemukan indikasi kuat bahwa adanya pelanggaran pidana dalam kasus tersebut yang menimbulkan kerugian negara. Sebab, beberapa waktu lalu, penyidik telah melakukan gelar perkara (ekspos) bersama pihak Badan Pengawas dan Keuangan Pembangunan
(BPKP) Perwakilan Lampung.

Dengan demikian, untuk mengetahui siapa pihak yang bertanggung jawab dalam kasus tersebut, penyidik Polresta Bandarlampung terlebih dahulu akan melakukan gelar perkara internal pada Senin (6/7) mendatang.

“Yah, beberapa waktu lalu kami sudah ekspos bersama BPKP. Dari hasil ekspos itu, memang ada perbuatan yang melawan hukum,” kata Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Dery Agung Wijaya saat menghadiri acara HUT Bhayangkara ke-69 di Mapolda Lampung, Rabu (1/7).

Mantan Kapolsek Natar itu enggan membeberkan hasil ekspos tersebut. Sebab, kata dia, kasus tersebut masih dalam tahap penyelidikan.

“Kami nanti akan gelar perkara internal dulu, untuk menentukan layak atau tidaknya kasus ini untuk ditingkatkan atau tidak,”ujarnya.

Dery menegaskan, perkara kasus pungli tersebut pihaknya tidak akan menghentikannya, meskipun ada sidang gugatan perdata APBMI terhadap Pelindo II yang sedang berlangsung di Pengadilan Negeri Tanjungkarang.

“Kami tidak berpatokan pada sidang gugatan itu, biarkan saja itu berlangsung. Pelindo mau menang atau kalah disidang itu, kasus ini tetap saya teruskan,” tegasnya.

Dikatakan Dery, pihaknya akan mengetahui siapa tersangka dalam kasus tersebut, setelah dilakukannya gelar perkara.

“Tunggu saja nanti setelah gelar perkara, kan nanti ketahuan hasilnya dari gelar perkara itu. Pastinya, saya tidak akan menghentikan kasusnya. Biarin saja kalau pihak kejaksaan menghentikan kasus
itu,”tandasnya.

Diketahui sebelumnya, kasus pungli ini tidak hanya diselidiki oleh Polresta Bandarlampung saja, melainkan juga diusut pihak Kejaksaan Negeri cabang Panjang. Namun, saat ditangani Cabjari Panjang, Kejari Bandarlampung mengambil kasus tersebut dan menghentikannya.

Dengan alasan menunggu putusan sidang gugatan APBMI terhadap PT Pelindo II, cabang Panjang, di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, yang hingga kini masih berlangsung.