Beranda Hukum Kriminal Polsekta Sukarame Bekuk Residivis Spesialis Pembobol Rumah

Polsekta Sukarame Bekuk Residivis Spesialis Pembobol Rumah

39
BERBAGI
Ilustrasi

Zainal Asikin|teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Petugas Unit Reskrim Polsekta Sukarame, meringkus tersangka berinisial AN (17) seorang residivis spesialis pencurian bobol rumah, karena terlibat pencurian di rumah korban Farizal di Jalan Pulau Tegal, Kelurahan Way Dadi, Sukarame pada Desember 2016 lalu. Polisi menangkap tersangka di rumahnya, di daerah Way Halim beberapa hari lalu.

Kapolsekta Sukarame, Kompol M Riza saat ditemui di acara jalan sehat pada perayaan HUT ke-335 Kota Bandaarlampung di bundaran Tugu Adipura membenarkan, bahwa adanya penangkapan terhadap tersangka AN yang merupakan spesialis kasus pencurian modus bobol rumah.

“Tersangka AN ditangkap petugas di rumahnya di Way Halim beberapa hari lalu. Penangkapan tersangka, memang sudah menjadi target operasi (TO) kami sejak 2016 lalu,”ujarnya, Minggu (7/5/2016).

Dari penangkapan tersangka, petugas menyita satu unit sepeda motor Yamaha Mio Soul hasil curian.

M Riza mengutarakan, tersangka AN melakukan aksi pencurian di rumah korban Fahrizal seorang diri, pada Desember 2016 lalu. Sebelum beraksi, tersangka sudah memantau terlebih dulu, situasi rumah korban dan jauh hari sebelum tersangka melancarkan aksinya.

Selanjutnya, kata M Riza, tersangka AN masuk kedalam rumah korban, dengan cara mendongkel jendela depan rumah korban menggunakan senjata tajam golok. Dari dalam rumah korban, AN berhasil menggasak sepeda motor Yamaha Soul, satu unit laptop, pmsel dan sepasang sepatu.

“Begitu mengetahui aktivitas pemilik rumah, AN langsung beraksi dan masuk ke dalam rumah korban saat korbannya sedang terlelap. Tersangka keluar rumah korban membawa barang hasil curian itu, melalui pintu belakang,”ungkapnya.

Dikatakannya, aksi pencurian tersebut baru diketahui korban, saat pagi harinya. Korbn kaget saat melihat sepeda motor Yamaha Soul miliknya dan beberapa barang berharga lainnya sudah tidak ada. Setelah dicek dengan korban, ternyata jendela rumahnya sudah dirusak. Saat itu juga korban Farizal melaporkan kejadian pencurian tersebut, ke Mapolsekta Sukarame.

Berdasarkan laporan korban, petugas menyelidiki aksi pembobolan rumah tersebut, dalam penyelidikan diketahui bahwa pelaku pencurian di rumah Farizal dilakukan oleh tersangka AN. Saat itu juga, petugaas melakukan penangkapan terhadap tersangka AN di rumahnya.

“Dari rumah tersangka AN, ditemukan motor Yamaha Mio Soel dan sepasang sepatu milik korban Farizal. Sedangkan untuk barang curian lainnya, sudah dijual dengan tersangka,”terangnya.

Dari keterangan tersangka AN, kata mantan Kapolsekta Telukbetung Utara ini menuturkan, barang hasil curian seperti laptop dan ponsel milik korban dijual ke orang lain seharga Rp 3 juta. Sementara uangnya, sudah dihabiskan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari. Sementara sepeda motor dan sepatu korban tidak dijual tersangka, karena ingin dipakai sehari-hari oleh tersangka.

“Tersangka AN ini, tidak hanya kali ini saja terlibat pencurian bobol rumah. Sebelumnya pernah ditangkap kasus yang sama, tersangka AN ini adalah residivis spesialis pencurian bobol rumah,”jelasnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya masih mengembangkan kasusnya, karena disinyalir masih ada TKP pencurian lainnya yang dilakukan tersangka dan mencari penadah barang hasil curian tersebut.