PON XX Papua: Kalahkan DKI 9-1, Softball Putra Lampung ke Grand Final

  • Bagikan
Tim softball Lampung merayakan meluapkan kegembiraan setelah memenangi pertandingan (Foto: Don Pechi)
Tim softball Lampung merayakan meluapkan kegembiraan setelah memenangi pertandingan (Foto: Don Pechi)

TERASLAMPUNG.COM, JAYAPURA — Tim Softball Putra Lampung mencatat sejarah baru di  arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Tim kebanggaan Lampung tersebut berhasil menembus grand final cabang ini untuk pertama kalinya.

BACA: Kemenangan Tim Softball Lampung Disaksikan Sekdaprov dan Ketua DPRD

Lampung berhasil melibas DKI Jakarta 9-1,  Kamis (30/9/2021). Kemenangan ini sekaligus sebagai revans atas kekalahan di babak penyisihan dengan skor 4-7 untuk DKI.

Kemenangan ini bukan saja mengukir sejarah namun menambah semangat anak-anak Spftball Lampung untuk meneruskan trend positif hingga menuntaskan medali emas di cabang ini untuk pertama kalinya.

Pertandingan Lampung versus DKI Jakarta ini juga disaksikan oleh Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto bersama Ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay, dan Ketua Komisi V DPRD, Yanuar, serta ketua Umum KONI Lampung Yusuf Barusman.

Kehadiran ini menjadi penyemangat tim yang tampil lugas dan taktis seperti pola permainan Lampung sesungguhnya.

Pertandingan ini sangat berbeda dengan sebelumnya, dimana anak-anak Lampung banyak tertekan dan kalah dalam 7 inning dengan skor 4-7. Namun kali ini DKI Jakarta hanya mampu membuat 1 run di inning ke lima, dan harus dilakukan line up, karena Lampung sudah lebih dahulu mengoleksi 9 run, sehingga posisi skor 9-1.

Jalannya perolehan run sepanjang pertandingan, Inning 1 (0-0), inning 2 (0-1). Inning 3 (0-0), inning 4 (0-8) dan inning 5 (1-0).

Sebagai peringkat 1, Lampung sudah mampu mengalahkan peringkat 2. Diperingkat 3 dan 4 ada Sulawesi Tenggara dan Papua.

Kemenangan ini menempatkan Lampung sebagai grand finalis pertama, tinggal menunggu pemenang antara DKI Jakarta yang harus melawan pemenang partai peringkat 3 dan 4.
Pemenangnya, nanti akan kembali berhadapan dengan Lampung di pemuncak turnamen ini pada tanggal 3 Oktober 2021.

Edi ‘Don Pechi’ Purwanto/detiklampung.com

  • Bagikan