PON XX Papua, Karateka Lampung Ari Saputra Raih Medali Emas

  • Bagikan
Karateka Lampung Ari Saputra meraih emas di cabang karate PON Papua, Rabu (13/10/2021).
Karateka Lampung Ari Saputra meraih emas di cabang karate PON Papua, Rabu (13/10/2021).

TERASLAMPUNG.COM — Karateka Lampung, Ari Saputra, yang tampil pada nomor Kumite -55 Kg putra sukses menekuk karateka DKI Jakarta, Angga Aprillian, dengan skor telak 9-1, pada laga final di Gedung Serba Guna Politeknik Penerbangan, Kota Jayapura, Rabu (13/10/2021). Emas pertama di cabang karate pun akhirnya diraih kontingen Lampung.

Ari Saputra yang memilih bermain ofensif dan agresif langsung mengancam Angga Aprillian sejak menit-menit awal pertarungan.

Hasilnya, pertahanan Angga melemah. Ia pun tak kuasa menahan gempuran serangan yang terus dilancarkan Ari sehingga Ari mampu meraup 9 poin dan memaksa Angga harus mengakhiri pertarungan sebelum waktu berakhir.

Sementara itu, untuk posisi ketiga sendiri ditempati oleh Adi Ardiansyah dari Kalimantan Timur dan Hengki Howrutson Berhitu asal Maluku sebagai peraih medali perunggu bersama.

Berkat hasil ini, Ari sukses meneruskan prestasi yang diraih oleh Suryadi pada PON XIX Jawa Barat 2016 lalu dengan menggondol medali emas cabang olahraga Karate nomor Kumite putra.

Jabar dan Sulsel Bersaing Ketat

Kontingen Jawa Barat (Jabar) menempel ketat bersaing dengan tim PON Sulawesi Selatan (Sulsel) didaftar perolehan medali emas terbanyak cabang olahraga (Cabor) karate di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Pertandingan Cabor karate ini berlangsung di GOR Politeknik Penerbangan, Kayu Batu, Kota Jayapura, Rabu (13/10/21) Kota Jayapura, Papua.

Kontingen Jawa Barat saat ini sudah memperoleh tiga medali emas dan dua perunggu, sementara Sulawesi Selatan (Sulsel) masih kokoh dengan tiga medali emas,dua2 perak dan satu perunggu.

Karateka dari Jabart baru saja menambah medali emasnya dari nomor kumite -50 kg putri lewat Sharon Verlina Ririhena. Dalam kumite 50 kg putri karateka Jabar ini mengalahkan Maslikhah Surani dari Jawa Timur.

Di nomor yang sama, medali perunggu diraih oleh karateka Papua, Ester Evelin Velannie Mebri saat melawan karateka asal Lampung, Ida Seri Devi.

“Terima kasih dan bersyukur kepada Tuhan, saya persembahkan buat orang tua dan keluarga saya, saya bisa seperti ini bukan karena kuat dan gagah saya, tapi karena Tuhan,” kata Sharon Ririhena karateka putri asal Jabar ini..

Sementara itu, Jawa Barat sendiri masih menargetkan tambahan medali emas lagi dari nomor kumite perorangan dan beregu putra putri di hari terakhir, Kamis (14/10/21) besok.

“Alhamdulilah kita bisa mendapatkan 1 medali emas lagi, ini sudah kami prediksikan sebelumnya. Ini jerih payah kita selama latihan 2 tahun. Tapi selama pandemi Covid-19 kita hanya latihan daring saja dan dibatasi. Kita di PON XIX Jawa Barat kemarin jadi juara umum dengan 5 medali emas, dan kita harap di sini masih bisa tambah 2 emas lagi dari kumite perorangan dan beregu putra putri,” kata pelatih kumite Jawa Barat, Yedih Lesmana.

Hasil Pertandingan Cabor Karate Kumite -50 kg Putri:

Perebutan Medali Perunggu:1. Rama Sintha Safmelita (Sumatera Barat) vs Ester Evelin Velannie Mebri (Papua): 1-7

2. Abdira Nadirasi (Nusa Tenggara Barat) vs Ida Seri Devi (Lampung): 1-4

Final:
Maslikhah Surani (Jawa Timur) vs Sharon Verlina Ririhena (Jawa Barat): 0-8

  • Bagikan