Beranda Virus Corona Positif Corona di Lampung Jadi 54 Orang, Ini Riwayat Pasien Nomor 51...

Positif Corona di Lampung Jadi 54 Orang, Ini Riwayat Pasien Nomor 51 – 54

579
BERBAGI
Kepala Dinas Kesehatan Lampung, Reihana

TERASLAMPUNG.COM — Jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Lampung bertambah empat sehingga hari ini (4/5/2020) menjadi 54 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung yang juga juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Reihana, menjelaskan empat pasien baru tersebut merupakan hasil tracing terhadap pasien lain yang lebih dulu positif Covid-19.

BACA: Pasien Positif Corona di Lampung Jadi 50 Orang, Ini Riwayat Perjalanannya

“Pasien nomor 51 adalah seorang wanita, 44 tahun, dari Pesawaran. Ia termasuk orang tanpa gejala (OTG) hasil tracing pasien nomor 26,” kata Reihana, Senin petang (4/5/2020).

Pada 15 April 2020 telah dilakukan rapid test, hasilnya negatif. Pada 22 April dilakukan pengambilan swab pertama dan pada 28 April 2020 dilakukan swab kedua. Pada 3 Mei hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan ia positif Covid-19.

“Pasien nomor 52 adalah seorang laki-laki , 55 tahun, warga Bandarlampung. Ia adalah teman kelompok pengajian nomor 48 dan nomor 29. Saat ini ia sehat dan menjalankan isolasi mandiri. Ia termasuk OTG,” kata Reihana.

Menurut Reihana, pasien nomor 53 adalah seorang laki-laki berumur 70 tahun, warga Lampung Selatan. Ia seoang dokter yang berpraktik di Lampung Selatan.Pada 11 April ia kedatangan seorang pasien berinisial KA. Pasien tersebut kemudian berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dengan hasil tes negatif.

BACA: Lampung Nomor Dua Risiko Kematian Pasien Covid-19, Ini Penyebabnya

“Mulai 13 April ia tidak buka praktik. Pada 17 April ia mendatangi RSUD Bob Bazar dan melakukan rapid test. Hasilnya negatif.  Pada 27 April rapid test kembali dilakukan dan hasilnya negatif juga. Lalu petugas rumah sakit mengambil spesimen swab tenggorokan dan mengirimkannya ke Dinas Kesehatan Lampung. Ia juga langsung dirawat di ruang isolasi RS Bob Bazar. Pada 28 April 2020, ia dirujuk ke salah satu rumah sakit swasta di Bandarlampung. Ia kemudian diperiksa oleh dokter spesialis paru,” kata Reihana.

Pada 2 Mei 2020 hasil periksaan swab menunjukkan ia positif mengidap virus corona.

“Sedangkan pasien nomor 54 adalah laki-laki berusia 16 tahun, warga Lampung Tengah.  Ia termasuk OTG. Pada 18 April ia pulang dari pondok pesantren. Ia sehat. Sampai di rumah ia melakukan isolasi. Pada 27 April ia ke posko di Balai Kampung Mataram Udik untuk rapid test. Hasi rapid testnya reaktif, ” katanya.

Loading...