Beranda Views Opini Potensi Hujan di Lampung Hingga Satu Minggu Mendatang

Potensi Hujan di Lampung Hingga Satu Minggu Mendatang

260
BERBAGI
Ilustrasi hujan lebat

Oleh:  Eka Suci Puspita Wulandari
Prakirawan Stasiun Maritim Lampung

Analisis kondisi atmosfer untuk seminggu kedepan ternyata membawa sedikit kabar baik untuk teman-teman petani sebab kondisi atmosfer sangat mendukung untuk terjadi banyak permbentukan awan-awan hujan di wilayah Lampung.

Jika dilihat dari pola angin yang sudah bertiup dari timur menuju ke barat, ini sudah mengindikasikan wilayah Lampung terutama sudah banyak udara kering dari daratan Australia masuk ke wilayah atmosfer Lampung dan membuat awan-awan hujan tidak bisa terbentuk karena atmosfer yang kering.

Namun di pertengahan bulan Mei ini meskipun pola angin sudah bertiup dari arah timur namun kelembaban udara sedang dalam kondisi basah baik di lapisan 850mb, 700mb, bahkan di lapisan 500mb. Kondisi ini tentu membuat atmosfer di wilayah Lampung sangat mendukung untuk terbentuknya awan-awan hujan yang masuk dari perairan Laut Jawa.

Kondisi suhu muka laut terpantau dalam kondisi yang normal sehingga banyaknya penguapan uap air ke atmosfer dalam kondisi yang normal sehingga banyaknya uap air yang naik ke atmosfer ini didukung dengan basahnya atmosfer diatas akan sangat baik untuk pembentukan awan-awan hujan.

Analisa prediksi Outgoing Longwave Radiation (OLR) untuk seminggu kedepan menunjukkan nilai yang tidak diduga sebab diprediksi banyak tutupan awan tebal untuk seminggu kedepan di wilayah Indonesia bagian barat termasuk Lampung. Diprediksi sampai akhir bulan Mei ini akan banyak hujan turun di wilayah Lampung dengan intensitas yang beragam mulai dari ringan hingga lebat.

Patut kita syukuri jika prediksi ini benar teman-teman petani akan memiliki sumber air yang bertambah setelah lama tidak turun hujan di beberapa wilayah di Lampung. Semoga tahun ini tahun kemarau tidak banyak membuat banyak kerugian untuk teman-teman petani dan juga pengusaha yang banyak bergantung dengan air sebagai sumber utamanya.

Kami dari BMKG Lampung akan terus memantau perubahan perubahan yang terjadi dan secepat mungkin menginformasikan kepada masyarakat Lampung melalui akun media sosial yang terpusat di facebook (Infocuaca Bmkg Lampung), whatsapp (0816-404-333), dan juga instagram (infocuacalampung). Whatsapp kami terbuka 24 jam setiap hari untuk konsultasi mengenai cuaca. Siap selamat bersama BMKG.