Beranda Seni Sastra PPN X di Banten, Warga Pattani Berharap Puisi Dapat Ciptakan Perdamaian

PPN X di Banten, Warga Pattani Berharap Puisi Dapat Ciptakan Perdamaian

53
BERBAGI

TERASLAMPUJNG.COM, Banten – Masyarakat Pattani, Thailand, berharap karya puisi dapat menciptakan perdamaian dunia. Hal itu dikatakan Mahroso Doloh, pembicara dari Thailand, pada simposium internasional Puisi untuk Perdamaian Dunia senarai Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) X di Museum Negeri Komplek Taman Budaya Banten, Sabtu (16/12) petang ini.

“Konflik di Pattani dimulai sejak 2014. Oleh sebab itu, masyarakat di sana sangat merindukan perdamaian. Bagi kami, damai di Pattani adalah damai dunia,” tandas Mahroso.

Dia melihat, banyak puisi yang diciptakan penyair Pattani Selatan Thailand mengangkat masalah konflik di sana, untuk cita-cita perdamaian.

Mahroso menyebut korban akibat konflik hingga lebih dari 5 ribu orang “Kami kurang melempar isu-isu ini,” ujarnya.

Itu sebabnya dia berharap penyair Nusantara mengangkat simpati kepada nasib warga Pattani. “Karena hidup damai adalah cita-cita setiap manusia dan bangsa,” Mahroso.

Semantara Ahmadun Yosi Herfanda dari Indonesia menegaskan, bagi manhsia yang tak mencintai pedamaian adalah sakit jiwa (psikopat).

“Tapi apakah puisi punya kekuatan untuk melawan kekuatan yang menciptakan perang. Apakah kekuatan kata-kata mampu melawan yang membenci perdamaian,” ucap Ahmadun Yosi Herfanda.

Pembicara lain ialah Shamsudinn Othman (Malaysia), Syarifah Yatman (Singapura), Sheikh Mansoor (Brunei Darussalam), Nuruddin Asyhadie (Indonesia).

TL/ISB