Beranda News Nasional Praperadilan Komjen Budi Gunawan Dikabulkan Hakim

Praperadilan Komjen Budi Gunawan Dikabulkan Hakim

224
BERBAGI
Hakim Sarpin Rizaldi

Teraslampung.com — Kubu calon Kapolri Konjen Budi Gunawa bertepuk tangan karena gugatan praperadilan yang diajukan Komjen Pol Budi Gunawan dikabulkan oleh Hakim Tunggal Sarpin Rizaldi. Dalam putusannya, Senin (16/2) hakim tunggal Sarpin Rizaldi menyatakan  penetapan tersangka Budi Gunawan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi tidak sah.

“Dalam pokok perkara, satu, mengabulkan permohonan pemohon (Budi Gunawan-red)  praperadilan untuk sebagian,” kata Hakim Sapin membacakan isi putusannya, dalam sidang yang digelar pukul 09.40 WIB, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, itu.

Hakim Sarpin Rizaldi menyatakan menolak untuk seluruhnya eksepsi yang diajukan KPK.

Kedua, surat perintah Nomor: Sprin Dik-03/01/01/2015 tanggal 12 Januari 2015 yang menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka oleh KPK terkait peristiwa pidana yang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 huruf a atau b, Pasal 5 (2), Pasal 11 atau 12 B UU No 31/1999 tentang Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 20/2001 Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP adalah tidak sah dan tidak berdasar atas hukum.

“Oleh karenanya penetapan tersebut tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat,” tegas Sarpin.

Tiga, menyatakan penyidikan yang dilakukan KPK terhadap Budi Gunawan tidaklah sah berdasarkan hukum dan oleh karenanya penyidikan a quo tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat.

“Empat, menyatakan penetapan tersangka atas diri pemohon yang dilakukan oleh diri termohon adalah tidak sah. Lima, Menyatakan tidak sah segala keputusan atau penetapan yang dikeluarkan lebih lanjut oleh termohon yang berkaitan dengan penetapan tersangka terhadap diri pemohon oleh termohon,” sambung Hakim Sarpin.

Keenam, dalam putusannya Hakim Sarpin menyebut segala biaya perkara yang ditimbulkan dalam sidang praperadilan dibebankan kepada negara.

Bambang Satriaji