Beranda Teras Berita Presiden Jokowi Bolak-Balik ke Sabah Balau, Ada apa dengan Proyek JTTS?

Presiden Jokowi Bolak-Balik ke Sabah Balau, Ada apa dengan Proyek JTTS?

70
BERBAGI
Presiden Jokowi meresmkan pembangunan tiang pancang proyek Jalan Tol Trans Sumatera di Sabah Balau, Lampung Selatan, 30 April 2015 lalu.

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Rencana kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara mendadak ke Lampung, Kamis besok (10/2/2016) membuat para pejabat Pemprov kelabakan. Beberapa pejabat Pemprov Lampung masih berada di Lombok, NTB, usai menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN).

“Wah, bagaimana ya (saya tidak tahu). Saya (dan tim Pemprov) masih di sini (Lombok),  Kalau begitu, besok kami koordinasikan dari sini,” kata Heriansyah, Kabid  Humas Protokol Pemprov Lampung, Rabu (10/2/2016).

Sikap berbeda ditunjukkan Mayor Prabowo, Kepala Penerngan Korem Garuda Hitam. Prabowo mengaku sudah diberi tahu bahwa Presiden Jokowi akan hadir di Lampung untuk meninjau perkembangana proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Sabah Balau, Lampung Selatan, Kamis (11/2).

“Kami sudah berkoordinasi dengan Polda Lampung untuk menyambut kedatangn Presiden Jokowi ke Lampung, besok. Kami membantu Polda,” kata Prabowo.

Kedatangan Presiden Jokowi yang terkesan mendadak dan pejabat Pemprov tidak tahu menyiratkan kesan bahwa kunjungan kali ini bukan kunjungan biasa.

Seorang sumber Teraslampung.com yang dekat dengan kalangn Istana Presiden mengatakan kunjungan Presiden Jokowi ke Lampung kali ini berbeda dengan kunjungan-kunjungan Jokowi sebelumnya.

“Dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Sabah Balau beberapa waktu lalu, Pak Jokowi sempat kecewa dengan masalah pembebasan lahan proyek JTTS yang belum beres. Presiden Jokowi juga kecewa saat malam harinya bertemu dengan para wartawan. Ia kecewa karena daftar wartawan yang diajukan Humas Pemprov Lampung tidak merepresentasikan wartawan di Lampung,” kata seorang sumber yang dekat dengan Istana Presiden.

Sumber tersebut mengatakan, kunjungan Presiden Jokowi ke Sabah Balau besok masih berkaitan dengan masalah ganti rugi pembebasan lahan yang belum beres.

“Kalau tidak ada masalah, ngapain Presiden Jokowi sering bolak-balik ke Sabah Balau untuk megecek perkembangan proyek?” ujarnya.

Mas Alina Arifin