Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri Bedah Buku Bunga Rampai FRPKB di Unila

  • Bagikan
TERASLAMPUNG.COM — Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB) akan menyelenggarakan sarasehan nasional dan bedah buku bunga rampai tulisan, di kampus Universitas Lampung, pada Rabu-Jumat, 22-24 Desember 2021. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan hadir pada acara tersebut.
Menurut inisiasiator FRPKB, Prof. Aom Karomani, FRPKB beranggotakan 50 rektor perguruan tinggi di ndonesia itu, sarasehan dan bedah buku itu bertujuan menghasilkan berbagai pemikiran yang solutif dan inovatif.
“Kegiatan saresahan dan bedah buku ini akan dibuka Presiden RI H. Joko Widodo dan menghadirkan para narasumber meliputi Menteri BUMN (Erick Tohir) dan Menteri Desa dan PDTT (Abdul halim Iskandar), Dirjen Dikti (Prof. Dr. Nizam), Wakil Ketua DPR (Muhaimin Iskandar), Pimpinan KPK (Dr. Nurul Ghufron), Yenni Wahid (Direktur Wahid Intitute), BPIP (Dr. Muhammad Sabri, M.A.), Azumardy Azra (Akademiki UIN Syarif Hidayatulloh), Prof. Dr. Irfan Idris, M.A. (BNPT), Prof. Dr. Nadirsyah Hosen, Ph.D. (Akademisi Monash University). Pada kegiatan ini juga akan dilaksanakan pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Lampung,” kata Rektor Unila tersebut, Selasa 21 Desember 2021.
“Selain itu kegiatan saresehan dan bedah buku ini diharapkan dapat menghasilkan berbagai pemikiran yang solutif dan inovatif dari perguruan tinggi dalam membangun karakter bangsa Indonesia untuk mewujudkan Indonesia maju,” tambahnya.
Aom Karomani menjelaskan sarasehan nasional FRPKB dan bedah buku bunga rampai mengambil tema  “Penguatan Karakter Kebangsaan Melalui Pengamalan Pancasila untuk Penanganan dan Penanggulangan Sikap Ekstremisme dan Terorisme serta Penanganan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual”.
“FRPKB adalah salah satu forum rektor di antara beberapa forum rektor lain. Terdapat tiga forum rektor yaitu pertama, Forum Rektor Indonesia (FRI) adalah forum rektor yang bersifat umum, sebagai wadah diskusi semua isu mulai ideologi, politik, sosial, budaya pendidikan tinggi, ekonomi, dan isu-isu lainnya,” ujarnya.
Selain itu,  ada Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN) forum ini khusus berkaitan dengan isu-isu pendidikan tinggi dan penerimaan mahasiswa.
 “FRPKB, adalah forum rektor PTN maupun PTS yang fokus pada penguatan karakter bangsa di perguruan tinggi. Ketiga forum rektor tersebut, pada prinsipnya saling mendukung dan bekerja sama. Karena antara satu sama lain juga bagian dari anggota atau pengurus forum/majelis rektor tersebut. Yang membedakan ketiga forum rektor tersebut adalah fokus kegiatan dan pengembangan program,” katanya.
Dandy Ibrahim
  • Bagikan