Presiden Jokowi Hadiri Takbir Akbar di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

  • Bagikan

BANDA ACEH, Teraslampung.com — Presiden Joko Widodo menghadiri takbir akbar di depan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Kamis (16/7/2015) malam. Ribuan warga menghadiri takbir akbar ini.

Sindikasi media Teraslampung.com di Banda Aceh,  acehkita.com, melaporkan Jokowi menghadiri takbir usai melaksanakan salat isya di Masjid Baiturrahman. Dari masjid, ia berjalan kaki menuju panggung utama yang didirikan di ruas jalan depan masjid.

Ribuan peserta pawai takbir sudah berkumpul di depan panggung utama, selain warga yang ingin mengikuti takbir itu.

Menghadiri takbir, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana beserta Gubernur Zaini Abdullah, Wali Nanggroe Malik Mahmud, Walikota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Agraria Ferry Mursyidan Baldan, dan Syekh Ali Jaber (yang akan mengimami dan ceramah salat ied besok pagi).

Mengenakan stelan hitam yang dipadu sarung, Jokowi ikut “peh tambo” menandai dimulainya pawai takbir, yang diikuti peserta dari pelbagai daerah di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Peserta pawai takbir melintasi ruas jalan protokol di Banda Aceh. Mereka membawa obor, kendaraan hias. Di sepanjang jalan mereka menggemakan takbir dan tahmid.

Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 H jatuh bertepatan pada Jumat (17/7/2015). Hal ini diambil pemerintah setelah tim rukyatul hilal Kementerian Agama di empat lokasi di Indonesia telah melihat hilal.

Ini merupakan tradisi baru di lembaga kepresidenan, di mana presiden berlebaran di luar Jakarta. Besok, Jokowi akan melaksankaan salat ied di Masjid Raya Baiturrahman. Usai salat, Jokowi tidak menggelar open house, tapi akan melaksanakan serangkaian kunjungan ke beberapa lokasi di Banda Aceh. Dari Aceh, Jokowi akan terbang ke Solo, tanah kelahirannya, untuk sungkeman dengan sang ibu.

 

  • Bagikan