Beranda News Nasional Presiden Jokowi Senang Tol Cikampek-Palimanan Kelar Sebelum Ramadan

Presiden Jokowi Senang Tol Cikampek-Palimanan Kelar Sebelum Ramadan

134
BERBAGI
Presiden Jokowi mencoba jalan tol ruas Cikampek-Palimana yang baru saja diresmikannya, Sabtu pagi (13/6/2015).

PURWAKARTA, Teraslampung.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan pengoperasian jalan tol terpanjang di Indonesia, yaitu Tol Cikampek – Palimanan, di pintu tol Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (13/6) pagi.

Pada kesempatan tersebut Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya atas upaya semua pihak yang telah menyukseskan pembangunan jalan tol Cikampek – Palimanan sesuai target yang dia berikan.

“Saya memberikan apresiasi yang besar. Waktu Desember kemari saya datang, saya minta sebelum Lebaran sudah selesai. Tapi ini malah lebih cepat, sebelum bulan Ramadan sudah jadi” tutur Jokowi.

Presiden Jokowi menyampaikan keyakinannya, jika jalan tol Cikampek – Palimanan yang melintasi Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon itu akan sangat membantu memperlancar arus mudik Lebaran tahun ini, karena kapasitas jalan pantura meningkat dua kali lipat.

Selain itu, menurut Presiden, beroperasinya jalan tol Cikampek – Palimanan diyakini akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dengan adanya jalan tol baru ini, akan meningkatkan daya saing kita. Karena konektivitas memegang peran penting pada percepatan arus barang dan jasa dan pemerataan ekonomi,” kata Jokowi.

Tampak hadir dalam peresmian itu antara lain Ketua DPD Irman Gusman dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Sementara itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam laporannya menyampaikan, bahwa  tarif normal jalan tol Cipali untuk kendaraan golongan I degan jarak terjauh adalah Rp 96.000. Namun khusus  pada masa Lebaran tahun 2015 ini, pemerintah memberikan diskon atau potongan harga sebesar 25 persen – 35 persen, sebagaimana diberlakukan di seluruh jalan tol di Indonesia pada H-10 hingga H+5 Lebaran 2015.

“Dalam rangka perayaan Lebaran 1436 Hijriah Tahun 2015 dan meningkatkan pelayanan jalan tol serta memberikan penghargaan kepada pengguna jalan tol, kami berikan potongan tarif sebagai bentuk amal,” kata Basuki.

Menteri PUPR menjelaskan, jalan tol sepanjang 116,75 kilometer itu merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia, dan merupakan bagian dari sistem jalan tol Trans Jawa, dan akan menghubungkan Jalan Tol Jakarta – Cikampek dan Jalan Tol Palimanan – Kanci.

“Dengan beroperasinya Jalan Tol Cikopo- Palimanan akan mengurangi jarak tempuh jalur Pantura sepanjang sekitar 40 km dan mengurangi waktu tempuh selama sekitar dua jam,” ungkap Basuki.

Loading...