Presiden Jokowi Serahkan 15 Ribu Sertifikat di Tabanan

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo pada acara penyerahan 15 ribu sertifikat tanah kepada warga Tabanan, Bali, Jumat (23/2/2018).

TERASLAMPUNG.COM — Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara simbolis membagikan 15 ribu lembar sertifikat tanah kepada warga Tabanan, di Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali, Jumat, 23 Februari 2018.

Penyerahan sertifikat tanah gratis melalui program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) Gratis yang dikemas dalam acara Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat itu, dihadiri 9.087 warga Tabanan penerima sertifikat yang datang dari berbagai desa di Kabupaten Tabanan.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan warga Tabanan kaya-kaya karena dalam penyerahan 15 ribu sertifikat penerimanya sekitar 9.000 orang.

“Berarti masyarakat sini kaya-kaya, karena satu orang ada yang menerima lebih dari satu sertifikat,” katanya.

Jokowi mengemukakan, setiap kali dirinya berkunjung ke berbagai daerah, yang selalu dikeluhkan oleh masyarakat di semua provinsi, di semua kabupaten, selalu sengketa lahan.

“Dari 126 juta sertifikat yang harusnya dipegang masyarakat, ternyata baru 51 juta sertifikat yang dikeluarkan BPN dan dipegang masyarakat. Separonya  saja belum ada sehingga sering timbul sengketa lahan. Antara masyarakat dengan pemerintah, antara masyarakat dengan pengusaha dan masyarakat dengan masyarakat,” katanya

Menurut Presiden Jokowi, hal itu karena belum adanya sertifikat belum adanya tanda bukti hak hukum atas tanaah yang menjadi bukti pegangan kita kalau kita punya hak atas kepemilikan atas tanah yang dimiliki.

Terkait hal itu, Presiden Jokowi mengaku meberikan perhatian serius terhadap pengadaan sertifikat untuk masyarakat.

“Tahun lalu target lima juta sertifikat, bisa ditrerbitkan 5,2 juta sertifikat. Tahun ini target tujuh juta sertifikat, tahun depan sembilan juta sertifikat,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut Presiden Jokowi juga memberikan sejumlah pesan kepada warga yang sudah menerima sertifikat tanah agar bisa merawat dan memanfaatkan sertifikat dengan baik.

Selain menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada warga Tabanan, Presiden Jokowi pada hari yang sama, Jum’at (23/2/2018) sore seusai menghadiri Rakernas PDIP di Hotel Grand Bali Beach di Sanur, juga dijadwalkan menyerahkan 1.000 sertifikat tanah adat di Pura Sakenan, Denpasar.

TL/kabarnusa.com

  • Bagikan