Beranda News Nasional Presiden Jokowin Sambut Hangat Raja Salman di Bawah Tangga Pesawat

Presiden Jokowin Sambut Hangat Raja Salman di Bawah Tangga Pesawat

318
BERBAGI
Presiden Jokowi mengantarkan Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz Al-Saud, saat tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (1/3) siang. (Foto; Sekretariat Kabinet RI)

TERASLAMPUNG.COM — Saa yang ditunggu-tunggu jutaan rakyat Indonesia itu pun tiba. Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz Al-Saud yang kabar kedatangannya ke Indonesia menghebohkan dunia maya lebih dari sepuluh hari terakhir, tepat pukul 12.31 WIB, Rabu (1/3/2017) tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Beberapa menit setelah pintu pesawat dibuka, Raja berusia 81 tahun itu pun terlihat dan langsung turun dari pesawat yang langsung disambut oleh Presiden Jokowi di bawah tangga pesawat.

Sambutan hangat Presiden Joko Widodo ini sebagai balasan yang dilakukan Raja Salman saat Presiden Jokowi melawat ke Arab Saudi, beberapa waktu lalu. Kala itu Raja Salman menyambut Jokowi di depan pintu pesawat yang membawa Jokowi ke Arab Saudi.

Begitu dekat dan bersitatap dengan Raja Salman, Presiden Jokowi mengembangkan senyum. Ia pun langsung menyambut Raja Salman dengan menjabat erat tangannya, kemudian mencium pipi kiri dan kanan Raja Salman.

Selain Jokowi, turut menyambut Raja Salman antara lain Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir, Utusan Khusus Presiden untuk Timur Tengah Alwi Shihab, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Dari Bandara Halim Perdanakusuma, Raja Salman yang didahului oleh Presiden Jokowi langsung menuju ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, untuk melakukan kunjungan kenegaraan.

Di Istana Bogor sejumlah agenda kenegaraan sudah disiapkan. Antara lain pertemuan bilateral antara delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Jokowi dan Arab Saudi yang dipimpin oleh Raja Salman, penandatanganan nota kesepahaman, serta jamuan makan siang kenegaraan. Ada juga upacara penganugerahan Bintang Republik Indonesia Adipurna kepada Raja Salman.

Besok (2/3/2017), usai berpidato di Gedung DPR RI, Raja Salman bersama Presiden Jokowi dijadwalkan akan berkunjung ke Masjid Istiqlal, Jakarta, dan melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh agama di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Setelah selesai dengan acara kenegaraan di Bogor dan Jakarta selama tiga hari, rombongan Kerajaan Arab Saudi itu dijadwalkan akan berlibur ke Pulau Dewata Bali.

Bagoi hubungan Indonesia dengan Arab Saudi, kunjungan Raja Salman ke Indonesia ini sangat bersejarah. Meskipun kedua negara tidak pernah terlibat konflik, namun baru ada dua Raja Arab Saudi yang berkunjung ke Indonesia dengan rentang jarak 47 tahun.

Sebelumnya Raja Arab Saudi yang datang ke Indonesia adalah Raja Faisal, yakni pada 1970 atau saat Indonesia dipimpin Presiden Soeharto.