Beranda Pendidikan Kampus Presiden Jokowi Berharap Mahasiswa Itera Siap Sambut Revolusi Industri Keempat

Presiden Jokowi Berharap Mahasiswa Itera Siap Sambut Revolusi Industri Keempat

76
BERBAGI
Presiden Jokowi didampingi Gubernur Lampung Ridho Ficardo meninjau kampus Institut Teknologi Sumatra (Itera) di Lampung Selatan, Minggu (21/1).

TERASLAMPUNG.COM — Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Institut Teknologi Sumatra (Itera) bisa menjadi wahana bagi para mahasiswa untuk mempersiapkan diri menyambut datangnya era revolusi industri keempat yang berbasis digital.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau kampus Itera di Lampung Selatan, Minggu (21/1/2018).

“Saya ingin agar mahasiswa-mahasiswa di sini nantinya bisa ikut mengejar, terutama menyongsong revolusi industri 4.0 yang sekarang ini semuanya membutuhkan engineer-engineer, membutuhkan coder, yang saya lihat di sini fakultasnya sudah menuju ke arah itu,” kata Presiden, usai peninjauan.

Menurut Presiden, tantangan ke depan bagi para mahasiswa adalah bagaimana penggunaan teknologi kecerdasan buatan dan juga bioteknologi dapat diterapkan ke dalam kehidupan di sekitar kita.

“Saya kira ini akan dikejar, salah satunya dengan percepatan pembangunan di kampus Institut Teknologi Sumatra ini,” kata Jokowi.

Di kampus yang luasnya mencapai 275 hektar itu, beberapa infrastruktur antara lain gedung fakultas dan jalan akses masuk telah dibangun melalui bantuan dana pemerintah pusat pada tahun lalu.

“Beberapa gedung tahun yang lalu sudah kita bantu dari pemerintah pusat senilai Rp50-an miliar, kemudian jalan di depan juga kita bantu untuk akses baik dosen, mahasiswa, masyarakat agar gampang menuju ke Itera,” kata Presiden.

Saat ini telah tersedia tiga gedung asrama mahasiswa yang nantinya akan ditambah lagi menjadi total lima gedung asrama.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pada tahun lalu juga telah membangun tujuh embung untuk menjaga kondisi air tanah.

“Tahun ini kita tambah lagi dua asrama. Sehingga dua asrama, tiga gedung dari Dikti dan satu dari BUMN agar ada percepatan pembangunan Itera ini,” kata Jokowi.

Pembangunan Itera di Lampung merupakan wujud kepedulian pemerintah pusat melakukan pemerataan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Selama ini perguruan tinggi negeri di bidang teknologi hanya terpusat di Pulau Jawa. Karena ada desakan dari daerah, pemerintah kemudian membangun perguruan tinggi teknologi seperti ITB di tiga daerah di Indonesia.Salah satunya adalah Itera di Provinsi Lampung.

Pembangunan kampus Itera diketuai oleh Tim Perencanaan dan Pendirian Itera daro ITB, Indratmo Sukarno

Pada tahap awal,  para mahasiswa Itera angtakan pertama dan keduamenjalani perkuliahan di Kampus ITB Jatinangor, Bandung, hingga pembangunan tahap kedua Kampus Itera selesai pembangunannya pada tahun 2015.

Kini semua mahasiswa Itera kuliah di kampus Itera di Lampung.