Beranda News Nasional Presiden SBY Angkat Menteri Perdagangan Baru

Presiden SBY Angkat Menteri Perdagangan Baru

38
BERBAGI
Muhammad Lutfi (ist)

Dewira/Teraslampung.com

JAKARTA—Presiden SBY menunjuk Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) baru. Pengganti Gita Wirjawan itu diberi tugas untuk memajukan perdagangan nasional dengan tiga prioritas kerja.

Tiga prioritas itu adalah aktif untuk berupaya lakukan stabilitasi harga dalam negeri, meningkatkan ekspor produk dalam negeri, dan meningkatkan kerjasama perdagangan di tingkat kawasan seperti ASEAN, ASEAN Plus, dan APEC.

“Kalau perlu mendapatkan pasar-pasar baru atau peluang-peluang baru di luar negeri agar ekspor kita terus ditingkatkan,” kata Presiden SBY dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (12/2).

Presiden SBY mengaku memberikan perhatian khusus agar Mendag baru terus melaksanakan diplomasi efeektif agar komoditas Indonesia tidak mengalami hambatan yang tidak fair, seperti dalam kasus perdagangan kelapa sawit yang menjadi tulang punggung ekspor Indonesia.

Luthfi menggantikan Gita Wirjawan sebagai Mendag setelah Gita mengundurkan diri karena mengikuti konvensi calon presiden (capres) Partai Demokrat. Sebelumnya, Luthfi menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia. Mantan Ketua HIPMI JAYA itu juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Baca juga
Baca juga