Beranda News Nasional Presiden SBY Terbang ke Papua Barat untuk Buka Sail Raja Ampat

Presiden SBY Terbang ke Papua Barat untuk Buka Sail Raja Ampat

333
BERBAGI
Pesawat kepresidenan Republik Indonesia tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta (Foto: Suara Pembaruan)

JAKARTA, Teraslampung.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (22/8) pagi. Pada Sabtu (23/8) SBY dijadwalkan membuka Sail Raja Ampat 2014 di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC), Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat.

Presiden bersama Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono menggunakan pesawat kepresidenan Boeing Business Jet (BBJ-2) yang lepas landas dari Pangkalan Udara TNI-AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Kota Sorong, Papua Barat, pukul 07.15 WIB, sebelum ke Raja Ampat.

Sail kali ini merupakan program Sail Indonesia edisi ke-6. Lima edisi Sail Indonesia sebelumnya adalah Sail Bunaken pada 2009, Sail Banda (2010), Sail Wakatobi-Belitong (2011), Sail Morotai (2012), dan Sail Komodo (2013).

Sail Raja Ampat menggelar, antara lain, Lingkar Nusantara IV Sailing, Desa Bangunan, Archipelago Youth Sailing, Yacht Rally, Seminar Nasional dan Internasional, Potensi Pengembangan Pariwisata, Pengembangan Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif. Kemudian Olahraga Maritim, pameran potensi daerah, serta pelayanan sosial kesehatan.

Untuk menyukseskan acara, jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Armatim) menerjunkan sedikitnya 20 kapal perang untuk menyemarakkan kegiatan bahari level internasional di Papua Barat ini. Salah satu armada yang mengawali adalah kapal rumah sakit (RS) terapung, KRI dr Soeharso.

Kegiatan Sail Raja Ampat 2014 dalam pelaksanannya juga melibatkan beberapa Kementerian/Lembaga sebagai anggota panitia, antara lain Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Pertahanan. Kemudian Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Sosial, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pertahanan, TNI, serta Pemerintah Provinsi, Kota dan Daerah.

Turut mendampingi Presiden pada kunjungan kerja kali ini, antara lain, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo. Menko Kesra Agung Laksono telah terlebih dahulu berada di Raja Ampat.