Beranda News Internasional Presiden Senegal dan Uskup Munib A. Younan Jadi Peraih Sunhak Peace Prize...

Presiden Senegal dan Uskup Munib A. Younan Jadi Peraih Sunhak Peace Prize 2020

749
BERBAGI
Presiden Senegal.Macky Sall

TERASLAMPUNG.COM — Panitia Ajang “Sunhak Peace Prize” telah memilih Macky Sall, Presiden Senegal, dan Munib A. Younan, mantan Presiden Lutheran World Federation,  sebagai Dua Pemenang “Sunhak Peace Prize” 2020. Selain itu, demi memperingati hari lahir pendiri ajang ini, Rev. Dr. Sun Myung Moon, Founders’ Award secara khusus akan diberikan kepada Ban Ki-moon,  mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa/PBB).

Presiden Senegal Macky Sall diakui sebagai sosok yang menyebarkan demokrasi mapan kepada negara-negara tetangga di benua Afrika, wilayah yang masih banyak diliputi kediktatoran dan kemiskinan. Hal ini ditempuh dengan memperpendek masa jabatan kepresidenan dan memimpin kebangkitan ekonomi lewat kebijakan transparan di Senegal.

Uskup Munib A. Younan, pengungsi Palestina, diberikan penghargaan atas dedikasinya dalam mewujudkan harmoni antara Yudaisme, Kekristenan, dan Islam di Timur Tengah selama lebih dari 40 tahun sejak diangkat sebagai pendeta Lutheran pada 1976, serta kepemimpinannya dalam mengupayakan resolusi perdamaian atas konflik Israel-Palestina.

Mantan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, pemenang “Founders’ Award”, terpilih sebagai pengakuan atas pengabdiannya dalam memimpin PBB menuju dunia yang berkelanjutan di tengah berbagai tantangan dan krisis global yang luar biasa, seperti krisis ekonomi global, perubahan iklim, terorisme, dan permasalahan pengungsi, selama masa jabatannya.

Munib A. Younan
Munib A. Younan

Hong Il-sik, Ketua Panitia Ajang “Sunhak Peace Prize”, menyatakan, “Seiring dengan meluasnya kepentingan golongan di seluruh dunia, semangat internasionalisme kooperatif yang mendasari tatanan dunia pascaperang berkurang drastis. Para pemenang penghargaan sekarang adalah orang-orang yang telah mengabdikan diri dalam upaya menembus batasan antara orang dan berpegang teguh prinsip kerja sama serta kesejahteraan bersama demi mewujudkan dunia yang lebih baik dan damai.”

Ajang “Sunhak Peace Prize” mencari dan menganugerahi berbagai individu serta lembaga yang telah berkontribusi terhadap perdamaian dan kesejahteraan generasi masa depan. Hadiah senilai USD 1 juta menjadi yang terbesar untuk penghargaan tunggal di dunia. Pemenang “Founder’s Award” akan menerima hadiah dana tunai senilai USD 500.000. Malam penyerahan penghargaan akan digelar di KINTEX di Seoul, Korea Selatan, pada 5 Februari 2020.

TL/Newswire

Loading...