Beranda Pendidikan Prodi Fisika Unila Terima Kunjungan Perwakilan BAN-PT

Prodi Fisika Unila Terima Kunjungan Perwakilan BAN-PT

849
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM–Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Lampung (Unila) menerima kehadiran perwakilan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk kegiatan visitasi secara virtual, Jumat (6/10/2020). Perwakilan BAN PT ini antara lain Prof. Motlan, Ph.D., dari Unimed dan Dr. Kiagus Dahlan dari IPB.

Selain Rektor Unila Prof. Karomani, M.Si., kegiatan diikuti jajaran wakil rektor, ketua lembaga, wakil dekan di lingkungan FKIP, ketua Pusat Akreditasi Nasional dan Internasional, kepala UPT, ketua jurusan, dan jajaran tim penjaminan mutu fakultas.

Karomani saat membuka acara menuturkan, Unila yang terakreditasi A hingga hari ini memiliki 30 ribuan mahasiswa aktif tersebar di delapan fakultas. Berdasarkan RPJP, Unila berada pada tahap penguatan daya saing internasional yang salah satu targetnya, akreditasi unggul pada sejumlah prodi.

Target ini sesuai dengan apa yang tengah Kemendikbud lakukan yakni target institusi berakreditasi lebih baik. Hal itu tentu bertujuan meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik.

Karomani mengatakan, Unila telah menyiapkan hadiah insentif khusus untuk prodi yang memiliki akreditasi unggul. Dan berharap agar asesor memberikan masukan agar prodi pendidikan fisika menjadi lebih baik di masa mendatang.

Menanggapi hal itu Prof. Motlan Ph.D., mengatakan, kegiatan ini sudah direncanakan dilaksanakan sejak lama. Selaku kolega, Motlan berharap, dalam prosesnya akan banyak meminta bantuan dari task force sehingga strategi penyelesaian tugas lebih efektif dan lancar.

“Sebagai sama-sama dosen di perguruan tinggi, kami ditugaskan BAN PT untuk memvisitasi proses-proses pelaksanaan pendidikan di Prodi Pendidikan Fisika Unila ini. Penilaian awal telah dilihat berdasarkan borang yang diterima, namun hari ini akan dilihat secara daring, bagaimana keadaan fisik prodi, dokumen, laboratorium, renstra, dan sebagainya,” katanya.

Unila