Beranda Ekbis Bisnis Produksi Kopi Lampung Tahun 2015 Diprediksi Membaik

Produksi Kopi Lampung Tahun 2015 Diprediksi Membaik

851
BERBAGI

Kopi yang sedang dijemur di halaman rumah Way Tenong, Liwa, Lampung Barat

BANDARLAMPUNG,Teraslampung.com–Produksi kopi robusta di Provinsi Lampung tahun 2015 diprediksi akan membaik  naik sekitar 25 persen dibandingkan dengan tahun 2014. Cuaca yang mendukung menjadi salah satu faktor buah kopi tumbuh subur dan  tidak rontok dari pohon.

Menurut Sunyoto, petani kopi asal Liwa, Kabupaten  Lampung Barat produksi kopi robusta tahun 2015 nanti akan membaik dibandingkan tahun 2014 ini. “Mudah-mudahan tahun 2015 produksi kopi kita membaik dibandingkan tahun 2014. Cuaca juga mendukung untuk pertumbuhan kopi menjadi bagus dan tidak rontok dari pohon,” kata Sunyoto.

Pertumbuhan buah kopi, lanjut dia, untuk kopi robusta bagus , bahkan sekarang sudah sebesar mata yuyu atau sebesar buah lada. Agar perkembangan pohon dan buah baik, petani juga harus memperhatikan proses pemupukan. “Sekarang lagi nabur kapur di kebun, agar tanah netral dan kalau dipupuk bagus nanti hasil kopinya,” jelasnya.

Meski demikian diakuinya, curah hujan tidak tinggi sehingga buah kopi tidak seberapa rontok. “Sekarang hujannya tidak terus terusan, mudah-mudahan pada April dan Mei curah hujan tidak begitu banyak lagi sehingga bulan Juni atau Juli bisa panen raya. Soal harga, kopi Lampung masih berkisaran antara Rp17.000 sampai Rp19.000/kg. Semoga tahun ini harga kopi semakin membaik dengan membaiknya produksi kopi dibandingkan tahun lalu,” jelasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun produksi kopi robusta di Kabupaten Lampung Barat, Lampung pada tahun 2014  ini mencapai 48.000 ton atau hampir sama dibandingkan tahun lalu. Kabupaten Lampung Barat merupakan produsen terbesar kopi robusta di Tanah Air, dengan tingkat produktivitas rata-rata 965 kilogram per hectare.Sementara itu, lahan tanaman kopi di Lampung Barat seluas 50.000 hektare dengan sekitar 80 persen penduduk di daerah itu menggantungkan hidup di sektor tersebut. (Lina)

Loading...