Beranda Pendidikan Kampus Prof. Dr. Karomani Terpilih Sebagai Rektor Unila 2019 – 2023

Prof. Dr. Karomani Terpilih Sebagai Rektor Unila 2019 – 2023

2293
BERBAGI
Prof. Dr. Karomani
Prof. Dr. Karomani

TERASLAMPUNG.COM — Prof. Dr. Karomani, MSi terpilih sebagai Rektor Universitas Lampung (Unila) periode 2019-2023 dalam Rapat Senat Tertutup Unila di Lantai 2 Gedung Rektorat Unila, Kamis, 17 Oktober 2019.

Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) Unila itu meraih dukungan  44 suara (61,11 persen) Prof. Dr. Bujang Rahman, MSi (Wakil Rektor Bidang Akademik) meraih 22 suara (30,56 persen), dan Prof Muhammad Kamal (Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan) meraih enam suara (8,33 persen). Satu senat tidak menghadiri pemilihan, yakni Prof. Satria Bangsawan.

Persentase itu sudah termasuk 35 persen suara Kemenristek Dikti. Menrister Dikti yang memiliki persentase suara 35 persen, pada kesempatan itu diwakili dua, yakni Totok Prasetyo ( Direktur) dan Yoga Wibowo (SDM).

Sebelumnya pada pemilihan oleh senat saja, Agustus 2019 lalu,  Prof. Bujang Rahman unggul 19 suara,Prof. Karomani 14 suara, dan Prof. Dr. Muhammad Kamal 6 suara.

Ketua Senat Unila, Prof. Heryandi, mengatakan pemilihan Rektor Unila Lampung periode 2019–2023 sudah melewati beberapa tahapan. Melalui proses yang panjang, Kemeristekdikti melakukan serangkaian proses penetapan rektor baru Unila.

Selain menghimpun rekam jejak ketiga calon rektor dari Badan Intelegen Negara (BIN), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), serta Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Kemenristekdikti mendapat masukan tentang kinerja ketiga calon usai mengadakan rapat eselon.

“Dari situ menteri dapat menentukan pilihannya berdasarkan berbagai penilaian itu,” ujar mantan Dekan Fakultas Hukum Unila ini.

Ketua Pemilihan Rektor Unila, Prof. Dr. Wan Abbas Zakaria, mengatakan tidak ada perubahan persentase suara Kemenristek Dikti dan persentase suara senat.

“Persentasenya sama dengan sebelumnya yakni 35% suara Kemenristek Dikti dan 65% suara senat,” katanya.

Abbas menerangkan, teknis pemilihan dilakukan dengan mencoblos tiga calon rektor. Pada hari itu pun akan disosialisasikan siapa yang terpilih menjadi rektor baru Unila, selanjutnya berita acara akan langsung dibawa Kemenristekdikti.

Loading...