Beranda Pendidikan Kampus Prof. Dr. Moh Mukri Kembali Pimpin IAIN Raden Intan

Prof. Dr. Moh Mukri Kembali Pimpin IAIN Raden Intan

310
BERBAGI
Prof. Dr. Moh Mukri, M.Ag. (Ist)

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com –Prof. Dr. Mohammad Mukri, M.Ag kembali menjabat sebagai Rektor IAIN Raden Intan Lampung setelah dalam menang mutlak dalam pemilihan rektor yang digelar di Lantai III Gedung Rektorat IAIN Radin Intan, Jl. Endro Suratmin, Bandarlampung, Selasa (2/9).

Dari 24 senat yang memiliki hak pilih, 17 di antaranya memilih mantan ketua GP Ansor Lampung tersebut. Sedangkan calon lain, Prof. Dr. Faisal, S.H, M.H.,  dan Prof. Dr. M. Nasor, M.Si masing-masing mendapat 6 dan 1 suara.Satu calon lain, yakni Dr. Abdul Aziz, M.PdI tidak memperoleh suara. Abdul Aziz adalah Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Tulung Agung, Jawa Timur.

Humas IAIN Raden Intan Bandarlampung, Yeni Chaniago, mengatakan proses pemilihan berjalan lancar. Sebanyak 24 senat yang memiliki hak pilih, menurut Yeni, terdiri dari dosen, guru besar, dan dekanat.

Kemenangan Mukri sudah diprediksi banyak kalangan, karena Mukri dinilai berhasil mengembangkan IAIN Radin Intan lebih baik.

“Pak Mukri masih sangat kuat untuk memimpin IAIN Radin Intan ke depan,” kata Badrul Kamil, dosen di Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan, beberapa waktu lalu.

Menurut Badrul, IAIN Bandarlampung kini senang menuju proses menjadi universitas. “Untuk perintisan menjadi universitas IAIN memang butuh rektor seperti sosok Pak Mukri,” kata Badrul.

Selain sebagai rektor, Mukri selama ini juga dikenal dengan kalangan gerakan prodemokrasi di Lampung, terutama ketika dia menjabat sebagai Ketua GP Ansor Lampung.

Mukri berjanji selama lima tahun mendatang akan membawa IAIN Raden Intan menjadi center of excellence bagi pengembangan studi-studi Islam integratif multidisipliner.

Untuk mewujudkan visi tersebut, akan dilakukan sejumlah program unggulan. Antara lain capacity building , meningkatkan keunggulan dan kultur akademik, dan mengembangkan jaringan kerjasama (networking) menuju world class university.  

 (Dewira)